Virus Corona: 2 Menit Mati di Bawah Sinar Matahari, 5 Menit oleh Cairan Pemutih, 30 Detik oleh Alkohol

Virus Corona: 2 Menit Mati di Bawah Sinar Matahari, 5 Menit oleh Cairan Pemutih, 30 Detik oleh Alkohol

JAKARTA - Partikel virus corona hanya bisa bertahan 2 menit di bawah paparan langsung sinar matahari. Ini merupakan riset terbaru dari Amerika Serikat.

Direktur Divisi Sains dan Teknologi Department of Homeland Security, William Bryan menyatakan, pada permukaan yang terkena sinar matahari dengan suhu minimim 27 derajat celcius atau sekitar 70 farenheit atau di atasnya, covid-19 mati hanya dalam waktu 2 menit.

Temuan lainnya adalah cairan pemutih membunuh virus ini dalam 5 menit dan konsentrasi alkohol mematikannya hanya dalam 30 detik.

Virus corona bertahan lebih baik di ruang indoor dan lingkungan kering. Kombinasi sinar ultraviolet (UV) serta temperatur lebih hangat membuat virus corona tidak berdaya.

\"Observasi kami sejauh ini yang paling mencolok adalah efek powerful sinar Matahari sepertinya membunuh virus itu, baik di permukaan maupun di udara,\" kata Bryan, seperti dikutip dari Metro.Co.UK

\"Ini hanyalah senjata lain dalam melawan (virus) ini yang bisa kita tambahkan. Kita tahu bahwa kondisi seperti musim panas akan menciptakan lingkungan di mana penularan bisa diturunkan dan itu adalah kesempatan bagi kita,\" ujar Bryan. (yud/metro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: