Soal Pelaksanaan Haji, Tunggu Perkembangan

Soal Pelaksanaan Haji, Tunggu Perkembangan

CIREBON– Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon belum bisa memastikan apakah pelaksanaan ibadah haji tahun ini ditunda atau tetap dilaksanakan di tengah pandemi virus corona.

Namun demikian, pemeriksaan kesehatan dan pelaksanaan vaksinasi untuk para calon jamaah haji, tetap dilaksanakan sesuai jadwal, sebagai antisipasi jika pelaksanaan ibadah haji tahun ini tetap dilaksanakan.

Hal tersebut disampaikan Kadinkes Kabupaten Cirebon, Hj Eni Suhaeni SKM MKes saat ditemui Radar Cirebon, kemarin. Menurutnya, petugas medis dari Dinkes maupun Puskesmas tetap melakukan pelayanan kepada para calon jamaah haji meskipun saat ini belum jelas pelaksanaannya.

“Kalau kita kan acuannya waktu pelaksanaan. Sampai sekarang belum ada konfirmasi perihal jadi atau tidaknya pelaksanaan haji tahun ini. tapi tetap kita lakukan pelayanan medis sebagai antisipasi karena kondisi saat ini bisa berubah-ubah kebijakannya,” ujar Eni.

Ditambahkan, salah satu tahapan yang sudah dilakukan adalah vaksinasi meningitis untuk para calon jamaah haji. Meskipun belum ada kepastian pelaksanaan. Para calon jamaah haji tidak usah khawatir karena vaksin meningitis berlaku efektif untuk dua tahun.

“Meningitis itu kan untuk dua tahun. Kalau tahun ini batal tahun depan kan tidak perlu vaksin lagi. Karena masih berlaku dan masih aktif. Tapi mudah-mudahan virus coronanya sudah hilang dan situasi normal kembali, termasuk pelaksanaan ibadah haji,” imbuhnya. (dri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: