12.489 KK di Kabupaten Cirebon Belum Terima Bansos dari Kemensos

12.489 KK di Kabupaten Cirebon Belum Terima Bansos dari Kemensos

CIREBON - Persoalan tidak adanya nomor induk kependudukan (NIK) pada puluhan ribu calon penerima bantuan sosial (bansos) di Kabupaten Cirebon, sudah teratasi. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, Dadang Suhendra.

\"Semua sudah teratasi, setelah melibatkan operator dari Dinas Kependudukan untuk melakukan pemadanan nomor,\" ungkapnya.

Dijelaskan Dadang, sudah mengusulkan sebanyak 27.530 calon penerima bansos untuk Kabupaten Cirebon. Jumlah tersebut merupakan usulan kedua. Sedangkan pada usulan pertama, Dinsos mengajukan sebanyak 25.755 calon penerima bansos.

\"Sekarang data tersebut dalam proses validasi oleh Kemensos. Soal dapatnya berapa, kami juga tidak tahu,” jelasnya.

Dadang memaparkan, Data Terpadu Kesejahtereaan Sosial (DTKS) Kabupaten Cirebon secara keseluruhan, berjumlah 279.260 KK. Jumlah tersebut, sudah menerima berbagai bantuan dari pemerintah, baik itu Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Provinsi dan bantuan sosial lainnya.

\"Dari total jumlah 279.260, tersisa sebanyak 12.489 yang belum menerima bantuan. Jumlah yang terahir inilah, yang akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon. Jumlah 12.489 KK itu, akan dicek dulu di lapangan (Verifikasi dan Validasi ke desa-desa), orangnya masih ada tidak, masih hidup tidak? Jangan sampai pemda memberikan bantuan tidak tepat sasaran,\" paparnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: