Awal Ramadan, Sudah Ada yang Tunaikan Zakat

Awal Ramadan, Sudah Ada yang Tunaikan Zakat

CIREBON- Pekan pertama Ramadan, masyarakat sudah mulai terlihat menunaikan kewajiban membayarkan zakat, khususnya zakat profesi. Tidak hanya itu, ada juga yang datang ke Kantor pelayanan Baznas untuk membayar Infaq.

Pantauan Radar Cirebon kemarin (27/4), ada beberapa tamu yang datang ke kantor Baznas mulai dari berseragam dinas hingga dari perusahaan swasta membayar zakat, infaq atau sekadar mencari informasi.

Ketua Baznas Kota Cirebon, M Taufik SAg menjelaskan, terhitung mulai 1 Ramadan sudah ada yang membayarkan zakat melalui Baznas, walaupun setiap hari sebenarnya ada yang membayar zakat. Tapi sejak mulai 1 Ramadan tetap membuka pelayanan dan ada yang membayarkan zakat profesi, sedekah hingga infaq.

“Setiap hari kita menerima pembayaran zakat infaq dan sedkah,” kata Taufik.

Dan selama Ramadan, lanjut Taufik, setiap hari pihaknya terus membuka pelayanan termasuk ketika ada peningkatan pembayaran zakat, maka Baznas sudah menyiapkan stand penerimaan zakat. Peningkatan tajam biasanya ketika memasuki pekan kedua Ramadan dan Baznas akan siap membuka pelayanan hari Sabtu dan Minggu.

Tidak hanya zakat fitrah, tapi Baznas berharap zakat mal maupun zakat profesi mengalami peningkatan tajam, walaupun di bawah bayang bayang pandemi Covid-19. Meskipun target zakat fitrah di angka Rp2,6 miliar, tapi Baznas berusaha menggenjot penerimaan zakat mal dan profesi juga meningkat. Karena dari dana zakat ini akan digunakan untuk membantu mustahiq (yang berhak menerima zakat).

Pihaknya saat ini juga terus melakukan pendistribusian kupon zakat fitrah kepada UPZ. Karena UPZ jumlahnya sebanyak 203 terdiri dari SMP 20, SMA/perguruan tinggi 31, kecamatan 5, kelurahan 22 dinas/instansi 85, perbankan 17, hotel dan mal 24. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: