Wedang Rempah “Berkah” Tembus Pasar Jabodetabek

Wedang Rempah “Berkah” Tembus Pasar Jabodetabek

KUNINGAN - Siapa tak kenal wedang rempah hangat, menyegarkan dan menyehatkan tubuh. Minuman tradisional dari berbagai bahan rempah ini, ternyata diproduksi di Desa Balong, Kecamatan Sindangagung. Pengusahanya, H Saleh Afif melabeli produk wedang rempah miliknya “Berkah”.

Wedang rempah Berkah asal UKM Kota Kuda ini, makin melejit sejak pandemi coronavirus desease (Covid-19). Sebab khasiat dan manfaatnya dalam meningkatkan ketahanan tubuh. 

Pasarnya juga meluas. Bukan hanya Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) tetapi sudah menembus Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Ide H Saleh Afif bermula, ketika Ia melihat potensi melimpahnya rempah-rempah di Indonesia, terutama di Kabupaten Kuningan. Seperti jahe, kapulaga, kayu manis, cengkih, pala, kayu secang, serai.

Berbekal keuletan dan ketekunan, serta tekad kuat untuk meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan masyarakat, terutama kaum perempuan, produk wedang rempah “Berkah” ini berhasil diracik secara alami, tradisional, profesional.

Ibu-ibu di desanya, dan desa sekitar betul-betul diberdayakan, terutama dalam mengiris berbagai jenis rempah, hingga packing, ditambah manis gula batu. Minuman tradisional Wedang Rempah Berkah Desa Balong rasa khas.    

Wedang rempah tradisional racikan H Saleh Afif memiliki khasiat dan manfaat yang langsung terasa di tubuh. Di antaranya memperlancar peredaran darah, menurunkan kadar kolesterol, berfungsi sebagai anti oksidan, mengurangi nyeri asam urat, menyegarkan tenggorokan, meningkatkan stamina, meningkatkan ketahanan tubuh, menghilangkan rasa letih, pegal linu, kembung serta masuk angin.

Deret panjang khasiat Wedang Rempah Berkah pituin Kabupaten Kuningan ini, bahkan mampu mencegah bahaya penularan Covid-19 yang semakin hari semakin membuat masyarakat khawatir.

“Wedang rempah Berkah, cukup direbus bersamaan, jika ingin memperoleh manfaatnya. Bisa juga disebut wedang uwuh. Artinya uwuh itu sampah sesuai tampilan minuman yang berbahan semerawut. Tapi jika diracik, bisa memperoleh  aneka khasiat,” terang H Saleh Afif.(tat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: