Taklim As-Syifa Khatam Alquran via Handphone

Taklim As-Syifa Khatam Alquran via Handphone

CIREBON - Pandemi virus Corona membuat suasana Ramadan sedikit berbeda tahun ini. Banyak tempat ibadah ditutup guna membendung penyebaran Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

Masyarakat diminta untuk menggelar salat Tarawih di rumah. Salat berjamaah juga ditiadakan. Kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa hingga mudik ke kampung halaman juga dilarang. Aturan ini dilakukan untuk memutus penyebaran Corona.

Namun demikian, tak ada alasan untuk meninggalkan ibadah dan amal kebaikan. Pemanfaatan gawai atau handphone sebagai media menyampaikan kebaikan sangat bisa dilakukan.

Salah satunya yang dilakukan oleh Majelis Taklim As-Syifa. Kelompok pengajian ibu ibu warga kompleks Griya Sunyaragi Permai (GSP) Kelurahan Karyamulya Kota Cirebon ini memanfaatkan gawai untuk menggantikan kegiatan-kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan selama adanya pandemi Covid-19.

Ketua Majelis Taklim As-Syifa, Yani Hediana Yusuf menuturkan, selama adanya wabah Covid-19, aktivitas majelis taklim praktis terhenti. Mulai dari taklim atau pengajian rutin hingga kegiatan dalam rangka memeriahkan hari -ari besar islam terpaksa ditiadakan.

\"Biasanya kalau bulan puasa, ada banyak kegiatan yang kita gelar. Bersama dengan DKM Al Husna GSP, tapi karena adanya Covid-19, semuanya ditiadakan. Karena kita juga mengikuti imbauan pemerintah,\" ungkapnya.

Untuk menyiasatinya, menurut Yani,  penggunaan gawai menjadi solusi. Konsepnya sama dengan learning from home yang dipakai oleh siswa sekolah. Para anggota diajak untuk menyelesaikan bacaan Alquran yang telah ditargetkan setiap harinya.

Meskipun situasinya sangat berbeda 180 derajat dengan membaca Alquran di dalam majelis, namun hal itu tak menyurutkan semangat anggota untuk mengamalkan sunnah Nabi tersebut.

\"Karena sekarang semua kegiatan dilakukan di rumah masing masing, jadi sekarang, mereka juga membaca Alquran dari rumah. SAtu  orang satu juz. Kalau sudah menyelesaikan bacaanya, baru dicontreng lewat whatsapp. Kalau sudah khatam, kita mulai lagi,\" pungkasnya. (awr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: