Warga Berkerumun Antre Pencairan BST

Warga Berkerumun Antre Pencairan BST

CIREBON - Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk 15 ribuan rumah tangga sasaran (RTS) di Kota Cirebon, mulai disalurkan Kamis (21/5).

Penyaluran dilakukan melalui kantor pos, dan kecamatan. Total ada 8 titik penyaluran. Salah satunya di kantor pos besar Cirebon.

Penyaluran BST di Kantor Pos Besar tersebut, sayangnya masih mengenyampingkam protokol kesehatan pencegahan covid-19. Ratusan warga yang menunggu giliran antrean pengambilan bantuan senilai Rp600 tersebut masih tampak bergerombol, terutama di depan pagar dan sebelum pintu masuk loket kantor pos.

Dari Jl Yos Sudarso, tanda-tanda adanya kerumunan di lokasi tersebut juga terlihat jelas dari terparkirnya ratusan sepeda motor di depan kantor pos, maupun di seberang jalan depan lapangan Kebumen.

BST, adalah program Kemensos bagi keluarga miskin dan rentan miskin, atau bagi yang terdampak covid-19 dan yang terimbas kondisi sosial ekonominya. Yang sekarang itu BST, nilainya setiap bulan dapat Rp600 ribu per bulan, setiap RTS dapat bantuan untuk 3 bulan (Mei-Juli). Kali ini Dibayarkan untuk 1 bulan (Mei).

Penyaluran BST di kantor pos besar Cirebon ini dipantau langsung oleh kementerian sosial (Kemensos) RI. Kepala Biro Perencanaan Kemensos Adi Karyono menjelaskan, Kemensos memberikan program BST ini kepada sekitar 9 juta rumah tangga sasaran (RTS) di Indonesia,

“Penerima program ini diluar dari penerima PKH dan BPNT. Di Jabar 1,2 juta RTS, Kota Cirebon 15 ribuan, kabupaten 58.700 RTS Sekarang sedang bayar, kalau di lapangan ditemukan tidak layak penerimanya, maka daerah bisa diusulkan yang baru, dan di tahap berikutnya bisa diganti,” ujarnya.

Menurutnya, normalnya waktu penyaluran bagi kabupaten/kota yang RTS-nya di atas 20 ribu perlu waktu 5 hari, tapi sesuai instruksi saat rapat terbatas dengan presiden, meminta mempercepat. Sehingga pihaknya memepercepat proses klinsing data, transfer uang dari Kemenkeu yang tadinya 5 hari jadi cuma 1 hari.

Hingga kemudian pembayaran di lapangan juga dipercepat agar dalam waktu tiga hari ini selesai semua. Di daerah, pihaknya menyarankan agar menambah loket dan titik bayar, agar paling lambat 23 bisa tersalurkan kepada RTS untuk memenuhi kebutuhan berlebaran.

Di Kota Cirebon, titik bayar penyaluran BST ini selain di Kantor Pos besar, juga ada di lima kantor Kecamatan, di Kecamatan Harjamukti dan Lemahwungkuk dibagi dua titik karena wilayah luas dan jumlah penerimanya banyak. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: