Sudah Tidak Ada Zona Merah di Jawa Barat

Sudah Tidak Ada Zona Merah di Jawa Barat

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melaporkan, terdapat 60 persen atau 12 daerah Zona Kuning (Level 3) dan 40 persen atau 15 daerah Zona Biru (Level 2) usai evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional di 27 kabupaten/kota se-Jabar.

Nantinya, 15 kabupaten/kota di Zona Biru itu diizinkan untuk menerapkan AKB. AKB adalah kebiasaan baru (new normal) atau di Jabar dikenal dengan sebutan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Hal itu disampaikan Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (29/5/20).

Baca Juga:

Dari Zona Kuning, Kota Cirebon Kini Berstatus Biru

Tidak PSBB Lagi, Kabupaten Cirebon Pilih AKB

Kang Emil berujar, keputusan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar melakukan AKB bagi Zona Biru berdasarkan kepada pertimbangan ilmiah baik data di lapangan maupun kesiapan sistem pengendalian pandemi COVID-19 di Jabar.

\"Setiap mengambil keputusan, kami harus berdasarkan data karena tidak ingin asal dan gegabah. Hari ini (29/5) angka reproduksi (Rt) sudah selama 14 hari di angka 1, bahkan dua hari terakhir di angka 0,97 juga laju ODP dan PDP turun. Dan ada sembilan indeks untuk ukur level kewaspadaan itu,\" ucap Kang Emil.

Daftar Kota dan Kabupaten Zona Biru...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: