New Normal, Kelenteng Mulai Dibuka

New Normal, Kelenteng Mulai Dibuka

CIREBON - Masyarakat Tionghoa mulai memfungsikan kembali tempat ibadah mereka di Kelenteng Tiao Kak Sie, atau Wihara Dewi Welas Asih, setelah beberapa waktu, tepatnya sejak pertengahan Maret ditutup total akibat pemberlakuan PSBB dan pandemi virus corona.

Humas Wihara Dewi Welas Asih Henry Susilo Pekasa menjelaskan, pihaknya sudah mulai membuka aktivitas ibadah di kelenteng tersebut secara bertahap sejak seminggu terakhir ini. Namun, tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Menurutnya, kelenteng yang sempat ditutup total bagi jamaah yang hendak beribadah maupun kunjungan wisata sejarah ini, selama masa penutupan tetap melalukan aktivitas kebersihan. Penyemprotan disinfektan tetap dilakukan dua minggu sekali.

Selain itu, pihaknya juga sudah disambangi oleh petugas kepolisian yang mengecek kesiapan penerapan protokol kesehatan di tempat peribadatan, termasuk di kelenteng, seperti ketersediaan alat cuci tangan, mewajibkan semua pakai masker, dan jaga jarak.

“Sebetulnya kalau di kita itu jemaah yang sembahyang tidak berjamaah, tapi satu-satu bergantian. Jadi untuk segi physical distancing sudah tidak ada persoalan. Pintu masuk dibatasi hanya dari gerbang depan, yang mau masuk juga wajib cuci tangan dan pakai masker, serta ads petugas yang mengecek suhu badan pengunjung,” ujarnya.

Meski sudah dibuka secara bertahap, namun Henry mengakui, jika jemaah yang datang ke klenteng untuk sembahyang juga belum begitu banyak. Setiap tanggal 1 dan 15 penanggalan China yang biasanya banyak jemaah yang hadir sembahyang paling maksimal hanya 5 orang.

Meski belum banyak jemaah yang datang sembahyang, namun pengurus kelenteng tetap siaga dan senantiasa siap untuk menjaga kebersihan dan protokol kesehatan.

Sambil menunggu petunjuk lebih lanjut dari pemerintah terkait relaksasi tempat ibadah, dan perkembangan penurunan kasus virus corona. (azs)

SAMBUT NEW NORMAL: Warga Tionghoa dan pengurus Wihara Dewi Welas Asih menyemprot cairan disinfektan di kompleks kelenteng, Jumat (5/6). FOTO: ISTIMEWA/RADAR CIREBON

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: