Pemberangkatan Haji Sudah Tertutup

Pemberangkatan Haji Sudah Tertutup

CIREBON- Pemerintah pusat melalui Kementerian Agama (Kemenag) sudah memutuskan untuk menunda pemberangkatan haji tahun ini. Melihat perkembangan di Arab Saudi, apakah masih ada peluang untuk mengubah keputusan itu?

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Jajang Badruzaman menegaskan, pembatalan keberangkatan jamaah haji Indonesia tahun ini sudah bersifat final. Walaupun masih ada waktu 20 hari untuk mempersiapkan ke keberangkatan, namun tidak membuat pemerintah mengubah keputusannya.

Perkembangan haji, malah kata Jajang, karena sudah sesuai keputusan pemerintah sudah final. Sehingga tidak ada lagi istilah keberangkatan haji 20 persen atau 30 persen. “Batal pemberangkatan haji sudah 100 persen. Tidak ada istilah berangkat sebagian,” ujarnya.

Kalaupun Pemerintah Arab Saudi membuka haji, kata dia, tidak memungkinkan lagi memberangkatkan calon jamaah haji.  Sebab, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai pemberangkatan, katering,  penginapan, pesawat. Dan tidak mungkin lagi terkejar dengan waktu yang ada. “Dalam jangka 20 hari tidak mungkin,” tegasnya. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: