Refleksi Sejarah: Polemik Keraton Cirebon

Refleksi Sejarah: Polemik Keraton Cirebon

Salah satu hal yang paling relevan dengan berbagai peristiwa ketidakmulusan suksesi di atas adalah persoalan kepemilikan tanah keraton. Hingga kini, dua hal tersebut—suksesi dan kepemilikan tanah—seolah menjadi dua persoalan yang sama tuanya dengan keberadaan keraton itu sendiri.

Peliknya persoalan sengketa tanah keraton bukan hanya menyangkut hak tanah antar para sultan, tetapi juga antara keraton dengan pihak pemerintah, keraton dengan pihak swasta, serta antara keraton dengan perseorangan. Sejarah keraton-keraton Cirebon yang panjang disertai pergantian kekuasan dan kebijakan akan kuasa tanah yang berbeda-beda menjadikan tanah sebagai aset ekonomi yang bernilai tinggi menjadi sumber rebutan.

Beberapa di antaranya telah tergadai, dimbil alih atau dimiliki pihak lain yang justru terkadang dilakukan oleh, atau bekerja sama dengan pihak keluarga keraton sendiri. Karena itu diperlukan sikap hati-hati dalam mengelola sengketa tanah ini dengan menyerahkan penyelesaiannya pada pihak profesional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: