GeNose Juga akan Tersedia di Stasiun Cirebon

Kamis 28-01-2021,18:30 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON – Tes Covid 19 melalui hembusan napas segera hadir di Stasiun Cirebon. Hasilnya dapat diketahui dalam 80 detik. Alat itu bernama: GeNose.

GeNose dikembangkan oleh peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta. Telah mengantongi izin edar Kementerian Kesehatan RI dan telah masuk sebagai salah satu syarat perjalanan naik kereta api (KA).

Baca Juga: Perahu Nelayan BRS Utama Pantura dengan 14 ABK Terbalik di Perairan Cirebon, 1 Orang Hilang

Sesuai surat edaran Kementerian Perhubungan RI No 11 tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dengan Transportasi Perkeretaapian Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Teknisnya, calon penumpang nantinya cukup menghembuskan napas melalui mulut ke dalam wadah layaknya kantong plastik seukuran kantong infus.

Baca Juga: Versi Cirebon, Serunya Ibu-ibu Bahas Ikatan Cinta

Kemudian diperiksa menggunakan alat yang dikoneksikan dengan kantong tersebut. Dalam situs resmi UGM, hasil pemeriksaan dapat diketahui dalam waktu 80 detik.

2

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi pernah mengatakan, pelaku perjalanan hanya perlu merogoh kocek Rp20 ribu untuk satu kali tes GeNose.

Baca Juga: Buka Sitik Jos, Kuningan Duluan Suntik Vaksin Covid-19 Hari Ini

SE Kemenhub 11/2021 itu tak hanya mensyaratkan GeNose sebagai pelengkap administrasi perjalanan. Rapid test antigen dan RT PCR juga diperbolehkan.

Tags :
Kategori :

Terkait