Begini Cara Hindari Kerusakan Ginjal

Jumat 16-04-2021,22:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

QUEENSLAND – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang fungsinya sangat vital. Salah satunya, ginjal berfungsi sebagai filter kotoran dalam darah.

Ginjal juga membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Tidak hanya itu, fungsi lainnya adalah membentuk urine dan membantu fungsi organ tubuh lainnya.

Itulah mengapa fungsinya begitu vital bagi kelangsungan hidup manusia. Namun untuk alasan tertentu, fungsi ginjal dapat mengalami degradasi. Bahkan mengalami kerusakan.

Ketika hal itu terjadi, maka hidup seseorang tidak akan lagi sama. Sebab itu, penting bagi kita untuk mencegahnya sedini mungkin. Namun yang menjadi pertanyannya, bagaimanakah caranya Anda melakukannya?

Well, menurut sebuah studi di Australia, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup, sebelum semuanya terlambat.

“Menurut temuan kami, lifestyle sangat berperan penting,” kata Dr Jaimon Kelly seperti dikutip dari Science Daily.

“Dengan mengikuti beberapa anjuran (ahli), orang dapat menurunkan risiko terkena penyakit ginjal kronis (di kemudian hari),” tambah peneliti dari Griffith University itu.

2

Perubahan lifestyle yang dimaksud di sini, adalah seperti lebih banyak mengkonsumsi sayur mayur, rutin berolahraga, menghindari alkohol, mengurangi konsumsi makanan asin, dan berhenti merokok.

Dengan mengikuti anjuran di atas, lanjut dia, dapat menurunkan risiko kerusakan ginjal antara 14 hingga 22 persen. (ruf/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait