Hari Krida, Santa Maria Bersihkan Udara dengan Eco Enzim

Kamis 02-09-2021,15:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Dalam rangka Hari Krida tanggal 1 September, Yayasan Santo Dominikus Cirebon bersama TK, SD, SMP dan SMA Santa Maria melakukan aksi bersih udara. Kepala SD Santa Maria Cirebon Yacobus Sartam SPd mengatakan Hari Krida Santa Maria setiap tanggal 1 September menggelar aksi bersih bersih udara. Hari Krida Santa Maria ini, kata Yacob, sebenarnya digagas pertama kalinya pada tahun 2003. Jadi sudah berlangsung selama 18 tahun.

Memaknai kegiatan ini, masih kata Yacob,  di kompleks Santa Maria, acaranya secara khusus, membersihkan udara di sekitar sekolah dengan menggunakan Eco Enzim. Menurut kajian, kata Yacob, Eco Enzim manfaatnya sangat banyak. Salah satunya membersihkan udara.

Perbandingannya 1:1000. Jadi 1 liter Eco Enzim dicampur dengan 1.000 liter air, dan itu salah satu manfaat membersihkannya. Yacob membeberkan, pembuatan Eco Enzim cukup simpel.

Bahannya kulit buah-buahan. Semakin banyak jenis kulit buah, maka komposisi bagus, termasuk diberikan campuran gula merah. “Perbandingannya  3 Untuk buah buahan, 1 untuk gula, 10 liter air, dan proses fermentasinya atau pembuatannya 3 bulan,” tandas Yacob.

Kepala Sekolah SMP Santa Maria Cirebon Christina Rukiyanti K mengatakan Eco Enzim ini sebenarnya dibuat di sekolah. Termasuk guru dan karyawan serta siswa-siswa. Untuk siswa, diberikan tugas membuat di rumah masing-masing. ”Hasilnya dikumpulkan ke sekolah, tapi sebagian digunakan di rumah,\" bebernya.

Kepala Kantor Yayasan Santo Dominikus Cirebon Suster Sesilia OP menjelaskan bahwa ide awal pembuatan Eco Enzim ini sebenarnya gagasan dari Ikatan Alumni Santa Maria yang mengadakan webinar tentang Eco Enzim. Tujuannya, kata Sesilia, supaya anak-anak semakin cinta lingkungan. “Karena ini memanfaatkan bahan-bahan organik kulit buah,” kata Sesilia.

Dari Eco Enzim bisa digunakan sebagai disinfektan, cairan pembersih, hand sanitizer. “Kita ingin memperkenalkan pada anak didik soal cinta lingkungan. Untuk itu pada hari ini (kemarin) kita melaksanakan pembersihan udara dengan menyemprotkan Eco Enzim ke udara dan tanaman. Karena setiap 1 September Hari Krida Sekolah Santa Maria membersihkan sekolah.

2

Pembersihan udara ini sekaligus persiapan pembelajaran tatap muka (PTM).  Selama pembuatan Eco Enzim, masih kata Sesilia, terhimpun sekitar 50 liter Eco Enzim. “Dan itu  kita gunakan untuk penyemprotan di wilayah Pendidikan Santa Maria mulai TK, SD, SMP hingga SMA dengan menerjunkan 5 alat semprot. Dengan kapasitas per tabung 20 liter air. Kegunaan juga untuk keramas, mengepel lantai. Tapi tidak boleh untuk diminum. Masa fermentasi 90 hari. Lebih lama lebih bagus.Hasil yang sudah disaring bisa digunakan kapan saja,” pungkas Sesilia. (abd/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait