Swab Drive Thru-Walk In di RSDGJ Lebih Mudah dan Cepat

Senin 04-10-2021,09:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati Kota Cirebon yang merupakan tempat rujukan pasien Covid-19 terus melakukan inovasi. Salah satunya dengan membuka layananan Swab Drive Thru maupun Walk In untuk memudahkan masyarakat mendeteksi penularan Covid-19. Layanan yang berada di Area Parkir Pakungwati, RSD Gunung Jati Kota Cirebon itu, resmi dibuka Jumat (1/10), oleh segenap jajaran RSD Gunung Jati.

Layanan Swab Drive Thru dan Walk In tersebut nantinya akan beroperasi setiap hari, mulai dari Senin hingga Minggu, pukul 08.00-15.00. Swab Drive Thru tersebut juga melayani tiga pemeriksaan, yakni rapid test antigen, tes RT-PCR, tes isothermal PCR Covid-19.

Direktur Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati, dr Katibi MKM mengungkapkan, layanan tersebut merupakan terobosan baru untuk meningkatkan volume dan kualitas pelayanan.

\"Ini sebagai daya dukung penanganan dan penanggulangan Covid-19 secara umum. Serta sebagai institusi pelayanan publik yang makin hari makin baik dari hari-hari sebelumnya. Lebih cepat, lebih bermutu, dan lebih baik,\" ujar Katibi.

Katibi menjelaskan bahwa dari segi waktu, layanan tersebut dapat lebih cepat dan aksesibilitas yang mudah. \"Selama ini, bahan pemeriksaan yang datang ke RSD Gunung Jati itu kiriman dari puskesmas-puskesmas, IGD Covid-19, dan ruangan-ruangan. Maka, sekarang terdapat tambahan sumber pemeriksaan karena pasien datang langsung,\" ungkap Katibi.

Dibukanya layanan Swab Drive Thru maupun Walk In merupakan upaya RSDGJ untuk mengantisipasi datangnya gelombang ketiga pandemi Covid-19. Namun demikian, pihaknya tidak mengharapkan hal tersebut terjadi.

Untuk harga yang ditawarkan oleh layanan Swab Drive Thru maupun Walk In, lebih murah dengan hasil yang lebih cepat. Pasalnya, harga sudah ditetapkan oleh RSDGJ, yakni untuk pemeriksaan swab RT-PCR hanya Rp445.000. “Untuk pemeriksaan swab antigen hanya Rp90 ribu, tes RT-PCR Rp445 ribu, dan tes isothermal PCR Rp718.000,” jelasnya.

2

Sementara itu, Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik dr Moh Erwin Indrakusuma menambahkan, hasil pemeriksaan Swab Drive Thru maupun Walk In tidak akan memakan waktu yang lama. Misal saja untuk swab antigen hanya membutuhkan waktu 1 jam.

\"Untuk tes RT-PCR hasilnya sekitar 6-8 jam dengan CT Value dan Tes Isothermal PCR Covid-19 itu hasilnya 1 jam dengan target gen spesifik RdRp tanpa CT Value,\" ungkapnya.

Erwin menjelaskan, terdapat dua macam jenis pendaftaran. Pertama, pendaftaran secara online melalui scan barcode maupun link yang sudah disediakan. Ataupun bisa datang secara offline dan nantinya akan dibantu oleh pihak RSDGJ untuk proses pendaftarannya.

\"Bagi yang sudah daftar online, bisa langsung swab tanpa perlu turun dari kendaraan. Kalau yang offline nanti bisa parkir sebentar. Kita bantu proses selepas swabnya. Termasuk hasil yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi, sudah ber-barcode dan kita kirimkan hasilnya dalam bentuk PDF. Tidak perlu menunggu lama-lama\" tambahnya. (*/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait