Apakah Tol Cisumdawu Cukup untuk Menghidupkan Bandara Kertajati? Pengamat Merasa Tidak Yakin, Siap-siap Merugi

Kamis 03-08-2023,09:14 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

Alvin menilai, pemindahan penerbangan ke Bandara Kertajati dari sisi airline ibarat membuka rute baru.

Menurut dia, ini yang harus dipikirkan oleh pemerintah. Misalnya kesiapan tenaga teknis untuk perawatan pesawat. Sebab, mereka memerlukan tempat tinggal dan kebutuhan lainnya.

Alvin Lie meyakini belum tersedia tenaga yang mumpuni di Majalengka untuk kebutuhan teknis pesawat itu.

Pemindahan rute ini, bagi airline sama dengan membuka rute baru yang harus mempersiapkan peralatan, pesawat, akomodasi hingga sumber daya manusia (SDM).

BACA JUGA:Kertajati Jadi Bandara Premium, Optimis Oktober Layani Komersial, Siapkan Integrasi Antarmoda

"Kertajati ini ibaratnya Airline membuka rute baru ke Kertajati. Biasanya membuka rute baru itu, yang pertama adalah SDM. Baik untuk administrasi, pelayanan check in, bagasi dan teknisi perawatan pesawat,” kata Alvin Lie, kepada radarcirebon.com, belum lama ini.

Dijelaskan Alvin Lie, setiap pesawat mendarat itu kan harus ada pemeriksaan dan perbaikan ringan. Ini yang tidak murah.

Masalahnya, untuk SDM di Kertajati pasti belum ada yang sudah ahli, dan siap pakai. Sehingga, airline harus mempersiapkan SDM yang sudah berpengalaman dengan dipindah dari bandara lain.

Nah pemindahan SDM ini, bukan hanya soal gaji saja, tapi akomodasi hingga tempat tinggal dan fasilitas lainnya.

BACA JUGA:Tempat Bersejarah di Majalengka Ini Jadi Sasaran Aksi Vandalisme, Warga: Sangat Disayangkan

Ditambahkan Alvin, pemindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara belum bisa menjadi solusi bagi Bandara Kertajati.

Sebab, penumpang di bandara yang berada di Kota Bandung tersebut hanya berkisar di 4 jutaan per tahun.

Sehingga ketika dipindahkan ke Kertajati, belum tentu mampu mencukupi biaya operasional bandara. Jelas saja, pemerintah harus siap merugi dengan konsekuensi ini.

Karenanya, mengoptimalkan Bandara Kertajati tidak hanya butuh Tol Cisumdawu tetapi juga sarana dan prasarana pendukung lainnya, yang tentu masih menjadi PR.

Kategori :