Wisata Gang, Ada 6 Lokasi Layak Dikunjungi, Bukti Kejayaan Masa Lalu Kota Cirebon

Jumat 08-09-2023,13:49 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

BACA JUGA:Dampak Kemarau Harga Beras Naik

Di  Cirebon mereka berguru pada Syekh Nurjati di Pesambangan, Gunung Jati. Oleh Syekh Nurjati mereka diperkenalkan kepada Pangeran Cakrabuwana (Kuwu Cerbon).

Pangeran Cakrabuwana menerima mereka dengan baik, dan menyuruh Syarif Abdurakhman untuk membangun pemukiman yang sekarang dikenal dengan nama Panjunan. 

Sedangkan Syarif Abdurakhim membangun pemukiman yang sekarang dikenal dengan nama Kejaksan.

Syarif Abdurakhman dikenal dengan nama Pangeran Panjunan, sementara Syarif Abdurakhim dikenal juga dengan nama Pangeran Kejaksan.

BACA JUGA:Lagi Viral, Prewedding Brutal Menyebabkan Kebakaran di Bromo, 1 dari 6 Orang Jadi Tersangka

Selain melakukan syiar Islam, di daerah pemukiman baru ini, Syarif Abdurakhman juga mengembangkan pembuatan peralatan rumah tangga dari tanah liat atau gerabah atau anjun. 

Pada masa Kesultanan Cirebon, daerah ini merupakan pusat pembuatan gerabah. Oleh karena itu, daerah ini disebut Panjunan. 

2

Masjid ini terdapat di Jalan Pengobongan, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk.

Luas lahan mesjid sekitar 575 M2 dan luas bangunannya sendiri sekitar 139,5 M2. Sedangkan batas-batas masjid adalah: Jalan Kolektoran pada sebelah utara, Jalan Pengobongan pada sebelah timur, dan rumah penduduk pada sebelah selatan dan barat.

BACA JUGA:Launching Klinik Pratama Azwa Farma

5. Petilasan Sunan Kalijaga

Petilasan Sunan Kalijaga di Cirebon, Jawa Barat, menjadi salah satu tempat wisata religi bagi masyarakat.

Petilasan yang juga dikenal sebagai Situs Taman Kera ini berada di Jalan Pramuka, Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Lokasi petilasan cukup mudah dijangkau, lantaran berada di tengah permukiman penduduk dan hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat Kota Cirebon.

Kompleks petilasan ini sendiri memiliki luas sekitar 20.000 meter persegi. Kompleks ini dilalui dua aliran sungai yang masing-masing memiliki nama yang berbeda-beda.

Kategori :