Makin Kinclong, Ada yang Baru di Kawasan Pertokoan Siliwangi Kuningan

Selasa 09-07-2024,13:30 WIB
Reporter : Agus Sugiarto
Editor : Tatang Rusmanta

Selain itu, Iip Hidajat juga meluncurkan tugu mural dan lampu penerangan pedestrian di sekitaran Pertokoan Siliwangi. 

Tugu mural dan lampu-lampu di area pejalan kaki itu dibangun untuk menambah kecantikan pusat Kota Kuningan.

BACA JUGA:4 Parpol Bentuk Koalisi Cirebon Guyub, Akan Segera Deklarasi Pasangan Calon

BACA JUGA:Bey Machmudin: Sekolah Vokasi Ciptakan dan Tingkatkan Kemampuan SDM

Tugu mural dan lampu penerangan pedestrian ini merupakan hasil social investment kerja sama komunitas Royal Enfield dan Pemerintah Kabupaten Kuningan.

Dikatakan Iip Hidajat, bahwa penataan kawasan Puspa, Pertokoan Siliwangi dan Taman Kota dilakukan untuk mengubah kesemrawutan yang terjadi selama ini menuju tata ruang kota yang ramah dan nyaman untuk seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan.

“Kami selalu berkeyakinan, dengan memberi ruang bagi para pedagang kaki lima di tempat yang lebih layak. Simpul ekonomi akan semakin membaik, ditambah kenyamanan para pedagang karena mereka berada di tempat yang legal dan diatur oleh pemerintah. Berikut penataan kota dilakukan agar lebih menarik dan nyaman bagi masyarakat,” jelas Pj Bupati Iip Hidajat.

Iip menuturkan upaya Pemkab Kuningan untuk memakmurkan kawasan Puspa dan Pertokoan Siliwangi terus dilakukan secara berkesinambungan. 

2

Hal tersebut juga dapat dilihat dari diluncurkannya 4 event sekaligus pada Minggu malam tersebut.

“Yakni dibukanya studio 2 mini teater edukasi yang diperuntukkan bagi masyarakat umum. Beberapa waktu lalu, kami juga sudah melaunching program serupa, yaitu dibukanya studio mini teater edukasi untuk para pelajar di berbagai tingkatan yang berada di Pertokoan Siliwangi. Para pelajar dan masyarakat umum boleh datang ke sini secara gratis dan tidak berbiaya.

Yang kedua adalah mempersembahkan car free night (kuningan night festival) yang akan dilakukan secara reguler (insya Allah kalau tidak dua minggu sekali, ya satu bulan sekali), sebagai upaya kita bersama dalam membangkitkan ekonomi kreatif di Kabupaten Kuningan.

“Dan yang ketiga dan keempat adalah peresmian tugu mural di pintu masuk pertokoan Siliwangi dan lampu pedestrian di sekitar pertokoan Siliwangi. Ini kami harapkan dapat menambah suasana syahdu dan menyenangkan bagi masyarakat yang berkunjung,” sebut Raden Iip.

Selepas meresmikan studio 2 mini teather edukatif, Iip Hidajat berkesempatan menonton film inspiratif pada bioskop mini berkapasitas 20 orang tersebut. 

Selanjutnya Iip bersama tamu undangan berjalan ke arah pertokoan Siliwangi untuk meresmikan tugu mural dan lampu pedestrian serta Kuningan car free night.

Banyak masyarakat hadir yang menyambut baik launching dan penatakotaan sekitar pertokoan Siliwangi tersebut. 

Salah satunya adalah Didi (49) warga asal Lecamatan Garawangi yang datang bersama keluarganya untuk menikmati malam di kawasan Puspa dan pertokoan Siliwangi.

Kategori :