Sejumlah Organisasi Pemuda di Majalengka Jadi Sorotan, Ternyata...

Selasa 20-08-2024,16:00 WIB
Reporter : Baehaqi
Editor : Asep Kurnia

Oleh karena itu, KNPI memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga kesatuan dan kebersamaan.

"Jika secara pribadi seseorang memiliki politik masing-masing, itu tidak masalah. Namun, secara organisasi, KNPI harus tetap netral," tegasnya.

Ia juga menekankan bahwa jika pernyataan Ketua KNPI, termasuk Ketua Karang Taruna, dibiarkan tanpa sanksi, hal ini berpotensi memicu perpecahan di tubuh kedua organisasi tersebut. 

Semangat persatuan dan kebersamaan harus terus dijaga agar KNPI dan Karang Taruna terhindar dari konflik internal.

Jipep juga mengingatkan bahwa pimpinan organisasi yang menerima bantuan dari APBD sebaiknya bersikap netral dan tidak terlibat dalam politik praktis. 

"Komunikasi yang baik dan saling mendukung antar pimpinan organisasi sangat penting agar keberadaan ormas kepemudaan bisa bermanfaat bagi bangsa dan negara," tutupnya.

Sementara itu, pasca kejadian tersebut, gejolak internal di tubuh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Majalengka semakin memanas. 

Setelah M Nurzumu, yang akrab disapa Mumu, resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai sekretaris jenderal, kini giliran Ketua Harian KNPI Majalengka, Dery Dwi Permadi Putra, yang mengambil langkah serupa.

2

Dery, bersama seluruh barisan pengurusnya, menyatakan pengunduran diri sebagai bentuk solidaritas terhadap Mumu. 

Dalam pernyataan resminya, Dery menegaskan bahwa keputusan ini diambil setelah pertimbangan matang dan sebagai wujud dukungan terhadap rekannya.

"Dengan mengundurkan diri bersama seluruh barisan, kami ingin menunjukkan keseriusan kami dalam mendukung dan tetap berkomitmen tegak lurus terhadap perintah sekretaris jenderal," ujar Dery.

Langkah ini semakin memperkeruh suasana di internal KNPI Majalengka, dan banyak pihak kini mempertanyakan arah organisasi kepemudaan ini ke depan, terutama di tengah situasi yang semakin tidak menentu. 

Meski demikian, Dery berharap agar KNPI tetap dapat berjalan sesuai visi dan misinya, meskipun tanpa dirinya dan pengurus lainnya. 

Pengunduran diri Dery dan seluruh pengurusnya menjadi sorotan utama di Majalengka, menunjukkan bagaimana dinamika organisasi pemuda dapat berdampak pada stabilitas sosial dan politik di tingkat daerah.*

Kategori :