Formasi CPNS di Kabupaten Cirebon Ternyata Ada Lowongan, Segini Jumlahnya

Jumat 23-08-2024,13:30 WIB
Reporter : Samsul Huda
Editor : Tatang Rusmanta

CIREBON, RADARCIREBON.COM - PFormasi CPNS di Kabupaten Cirebon ternyata ada lowongan berdasarkan usulan pemerintah.

Ya, penerimaan CPNS di Kabupaten Cirebon sudah dibuka. Ada 60 formasi. Jumlah tersebut merupakan usulan pemerintah daerah berdasarkan kebutuhan. Prosesnya melibatkan seluruh OPD di Kabupaten Cirebon. 

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Cirebon, H Hendra Nirmala MSi melalui Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi, Ramdan SAP mengatakan, penerimaan CPNS dan PPPK dilakukan secara terpisah. Saat ini, pemerintah fokus pada seleksi test CPNS. 

Di Kabupaten Cirebon sendiri, kata Ramdan, ada 60 formasi. Kebutuhan itu sudah dihitung dan dikaji secara matang.

“Pembukaan CPNS sesuai jadwal terhitung sejak 20 Agustus hingga 6 September 2024,” ujar Ramdan kepada Radar Cirebon, saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (22/8).

Menurutnya, untuk tempat pelaksanaan tes CPNS sampai saat ini belum ditentukan.

Pemerintah Kabupaten Cirebon pun belum mengetahui apakah menjadi salah satu tempat untuk pelaksanaan tes CPNS atau tidak. 

2

“Untuk tempat haknya ada di BKN. Apakah kita dipilih sebagai salah satu lokasi test CPNS atau tidak. Tapi untuk sementara, lokasi test CPNS di BKN Bandung,” terangnya.

Ramdan menyampaikan, pelamar yang ingin menjadi CPNS harus teliti membaca seluruh persyaratan yang dibutuhkan melalui laman https://sscasn.bkn.go.id. Sebab, ketelitian menjadi salah satu poin penilaian.

Yang perlu diingat, jangan sampai, persyaratan CPNS mengadopsi dari kota/kabupaten lainnya.

“Jika terjadi, peserta dipastikan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) CPNS,” tegas Ramdan. 

Selain itu, lanjut Ramdan, jangan percaya yang namanya calo dengan iming-iming bisa meloloskan peserta menjadi CPNS.

“Jangan sampai di manfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Kemudian, Jika ada hal-hal yang kurang jelas, tanyakan langsung ke BKPSDM atau melalui Instagram (IG) resmi BKPSDM @bkpsdm.cirebonkab,” terangnya.

Ramdan menjelaskan, ada strategi empat strategi untuk keseimbangan dalam pemenuhan CASN di tahun 2024.

Yang pertama adalah fokus pada pelayanan dasar: tenaga guru dan kesehatan. Kedua, seoptimal mungkin menyelesaikan permasalahan tenaga non ASN di instansi pemerintah. 

Kategori :