KKM UMC Cirebon Kawal Pembentukan Agrowisata Sentra Kebun Durian di Bunigeulis

Kamis 05-09-2024,19:00 WIB
Reporter : Moh Junaedi
Editor : Moh Junaedi

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM – Kerja Masyarakat (KKM) Universitas Muhammadiyah Cirebon, lakukan pendampingan secara administratif dalam pembuatan Desa Rintisan Agrowisata Kebun Durian pada Desa Bunigeulis, Kecamatan Hantara, Kabupaten Kuningan.

Desa Bunigeulis yang menyimpan banyak potensi Sumber Daya Alam salah satunya di bidang pertanian. 

Dibidang pertanian, hampir setiap rumah mempunyai kebun cengkeh yang berkualitas dan mayoritas masyarakatnya adalah petani Cengkeh. 

BACA JUGA:Kapolresta Cirebon Pimpin Patroli Roda Dua, Sekaligus Berikan Bantuan kepada Anak Asuh Stunting

BACA JUGA:TP2GD Dikukuhkan, Bey Machmudin Ingin Banyak Tokoh Jabar jadi Pahlawan Nasional

BACA JUGA:Kabupaten Bandung Diguncang Gempa Tiga Kali, Begini Imbauan BMKG

Namun, selain cengkeh, ternyata Durian sebagai lokus utama yang akan di angkat sebagai icon Bunigeulis.

2

Sebagai Ketua KKM Kelompok 5 UMC, Adi Permana menerangkan, dirinya akan mengawal dan melakukan pendampingan terhadap potensi Desa Bunigeulis yang akan diangkat sebagai icon Agrowisata dan Bunigeulis akan dikenal sebagai pusat sentra kebun durian.

“Saya dengan teman-teman KKM Kelompok 5, turut mengkawal atas semua potensi unggulan Desa Bunigeulis."

"Salah satunya program yang sifatnya jangka panjang ini, yaitu membuat Bunigeulis sebagai Desa Rintisan Agrowisata Kebun Durian dengan ikut serta dalam Musyawarah Desa (Musdes) menghasilkan berita acara kesepakatan dan pembuatan Peraturan Desa (Perdes) yang akan ditindak lanjuti setelah Musdes,” ujarnya, Kamis 5 September 2024.

BACA JUGA:bank bjb Tetapkan Susunan Komisaris Baru Pada RUPS Luar Biasa Tahun 2024

BACA JUGA:Titin Jelaskan Kondisi Sudirman Terpidana Kasus Vina, Sambutan 6 Terpidana Bikin Haru

Menurut Adi, Durian diangkat sebagai icon Bunigeulis sangat tepat. Ini adalah ide baru atas semua asumsi yang melekat pada Bunigeulis sebagai Desa yang mempunyai kebun cengkeh berkualitas, dan atas semua hal yang melekat ini akan membuat semua orang jadi penasaran terhadap Bunigeulis.

“Dikemudian hari, semua orang pasti akan penasaran dengan Kebun Durian Bunigeulis ini, ternyata di Bunigeulis tidak hanya ada cengkeh, tetapi ada juga Durian."

"Karena dari kondisi geografis yang menunjang, ini menjadi salah satu alasan kuat Bunigeulis mempunyai SDA yang melimpah,” kata Adi Permana.

Kategori :