Inilah 4 Kebiasaan yang Bisa Timbulkan Diabetes di Usai Muda

Sabtu 19-10-2024,08:00 WIB
Reporter : Rio Aji
Editor : Rio Aji

RADARCIREBON.COM - Kasus diabetes pada usia muda kini semakin banyak terjadi dimana-mana, tentunnya dengan hal ini memicu kekhawatiran di kalangan masyarakat.

Penyakit yang dahulunya hanya biasa menyerang orang dewasa dan orang tua, kini menyebar ke generasi orang yang lebih muda.

Tentunnya hal ini pun, selain mengundang kekhawatiran juga mengundang pertanyaan besar terkait dengan kebiasaan dan gaya hidup yang dapat memicu terjadinya diabetes di usia yang relatif muda ini.

Menurut federasi diabetes internasional (IDF), pada tahun 2021 tercatat sebanyak 537 juta orang berusia 20 sampai dengan umur 79 tahun menderita penyakit diabetes.

Tentunnya jumlah angka ini menunjukan bahwa diabetes tidak mengenal batasan usia, siapa pun bisa kena, termasuk mereka yang masih usia muda.

Diabetes sendiri sebenarnya adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginnya kada gula darah. Penyakit ini dapat ada pada diri seseorang karena gaya hidup yang buruk, khususnya pola makan dan aktivitas fisik yang tidak sehat.

Kebiasaan penyebab penyakit diabetes di usia muda

2

Beberapa kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari dapat memicu penyakit diabetes di usia muda.

Berikut ini adalah 4 kebiasaan yang perlu diwaspadai terkait dengan penyebab penyakit diabetes di usia muda.

1. Kebiasaan begadang

Kebiasaan melakukan begadang karena tuntutan pekerjaan atau sekedar mengikuti gaya hidup juga sebenarnya bukanlah sesuatu hal yang menyehatkan juga.

Karena kebiasaan begadang jika dilakukan terus menerus dapat mengakibatkan penyakit diabetes di usia muda.

Kurangnya tidur dapat menganggu ritme biologis tubuh dan menyebabkan perubahan hormon insulin. Hormon insulin sendiri adalah sebuah hormon yang berfungsi untuk mengatur masuknya kadar gula darah.

Kualitas tidur yang buruk dan kebiasaan begadang dapat memperburuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes.

2. Acuh pada berat badan

Kategori :