Pemilihan Ketua Osis dan MPK Ajang Belajar Berdemokrasi SMKN 1 Kedawung

Sabtu 26-10-2024,10:30 WIB
Reporter : Cecep Nacepi
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - SMKN 1 Kedawung sukses menggelar Pemilu Raya pemilihan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) dan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) masa bhakti 2024/2025.

Pemilu raya ini diikuti oleh dua pasang calon  (Paslon) Ketua dan wakil Ketua OSIS dan 3 pasang calon MPK SMKN 1 Kedawung, kegiatan ini dilaksanakan pada 25 Oktober 2024.

Kepala SMKN 1 Kedawung, Sri Handayani MM, mengatakan, tujuan pemilihan OSIS dan MPK adalah untuk memberikan wadah bagi calon Ketua dan wakil untuk mempresentasikan visi, misi, dan program kerja para calon kepada siswa.

“Sebelum pemilihan berlangsung, para kandidat (calon) melaksanakan debat terlebih dahulu, debat telah dilaksanakan pada 18 Oktober 2024 lalu. Debat ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai calon yang akan mereka pilih, serta mengasah kemampuan berargumen dan berpikir kritis,”ungkapnya.

BACA JUGA:Diskusi dengan Pemuda di Bogor, Ilham Habibie Janjikan Kemudahan Lapangan Pekerjaan

Disamping itu, lanjut Sri Handayani, hasil dari debat ini diharapkan dapat Meningkatkan Partisipasi. Siswa lebih aktif dalam memilih calon Ketua dan Wakil Ketua. Juga Peningkatan Kesadaran Mendorong siswa untuk lebih peduli terhadap organisasi dan kegiatan di sekolah. Dengan demikian, debat menjadi alat penting dalam  proses demokrasi  di lingkungan sekolah.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan Pemilu Raya ini untuk memilih ketua OSIS-MPK yang akan datang, juga memberikan pengalaman kepada seluruh pasangan calon untuk memimpin organisasi, sedangkan bagi siswa siswi lainnya untuk medapatkan pengalaman bagimana cara memilih pemimpin yang sesuai harapan,”tuturnya.

Sementara itu, Pembina OSIS MPK SMKN 1 Kedaawung, Irwan Al Aziz mengatakan, kegiatan Pemilu Raya OSIS dan MPK juga berkaitan dengan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Thema Suara Demokrasi dalam Kurikulum Merdeka.

Dikatakannya, dengan OSIS dan MPK turut membangun kehidupan korps siswa yang sehat, kreatif, dan dinamis sekaligus menjadi wadah aktivitas siswa dalam mengembangkan diri dan membentuk karakter.

BACA JUGA:Debat Kandidat Pilbup Cirebon Dijaga Ketat Persosnel Gabungan Polres Ciko dan Polresta Cirebon

“Siapapun paslon yang terpilih, kita wajib mendukung mereka secara penuh. Yang jelas, figur Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS tahun ini harus lebih aktif dan kreatif. Kami percaya mereka bisa mengemban amanah ini dengan penuh tanggungjawab,”imbuhnya.

Kategori :