Kim Jong Un Muncul setelah Menghilang dan Dikabarkan Meninggal

Sabtu 02-05-2020,13:31 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

PYONGYANG - Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong Un muncul di depan publik pertama kalinya setelah hampir tiga pekan menghilang dan dikabarkan meningg. Kemunculan Kim dirilis KCNA, kantor berita resmi pemerintah Korut.

Dalam rilisnya, KCNA menampilkan foto-foto Kim Jong Un melakukan pemotongan pita dalam pembukaan sebuah pabrik pupuk di Sunchon, dekat ibu kota Pyongyang. Event tersebut dihadiri Kim pada Jumat (1/5) waktu setempat.

Dalam event tersebut, \"semua peserta bersorak-sorai \'hore!\' ketika Kim muncul,\" demikian dilaporkan KCNA seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (2/5).

Pada kesempatan itu, Kim menginspeksi pabrik Sunchon dan dijelaskan mengenai proses produksi pupuk.

\"Kim mengatakan dengan emosi mendalam bahwa kakeknya Kim Il Sung dan ayahnya Kim Jong Il akan sangat senang jika mereka mendengar berita bahwa pabrik pupuk fosfat modern telah dibangun,\" demikian dilaporkan KCNA.

Selain Kim, pejabat-pejabat senior lainnya juga hadir, termasuk adik perempuan yang menjadi penasihat dekatnya, Kim Yo Jong.

Sebelumnya, spekulasi mengenai Kim Jong Un bermunculan sejak 15 April lalu. Karena momen peringatan hari ulang tahun kakeknya yang merupakan pendiri Korut, Kim Jong Un tidak hadir. Padahal, tanggal tersebut merupakan kalender penting bagi Korea Utara.

2

Terakhir, Kim terlihat pada 11 April lalu dalam sebuah pertemuan Politbiro Partai Buruh. Setelah itu, dia menghilang.

Spekulasi yang bermunculan di antaranya, Kim Jong Un meninggal setelah menjalani operasi jantung. Sebagian spekulasi menyebutkan, kondisi Kim baik-baik saja. Sebagiannya lagi menyebutkan, menghilangnya Kim karena untuk menghindari virus corona. (hsn/detik)

Tags :
Kategori :

Terkait