Bansos Provinsi Tak Kunjung Turun

Sabtu 02-05-2020,18:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Pendistribusian bantuan sosial dari Pemprov Jabar untuk warga Kabupaten Cirebon terdampak pandemi corona, dipastikan belum dapat dilakukan dalam waktu dekat. Sempat digembar-gemborkan bakal turun di akhir April 2020, ternyata hingga masuk bulan Mei, belum ada tanda-tanda akan didistribusikannya bantuan tersebut.

Kadinsos Kabupaten Cirebon, Drs Dadang Suhendra MSi kepada Radar menuturkan, pihaknya masih belum menerima informasi pelaksanaan pendistribusian bansos dari Pemprov Jabar. Bahkan, untuk jadwalnya pun Kabupaten Cirebon masih belum ada dari PT Pos.

\"Saya sudah tanya ke PT Pos, sampai sekarang belum turun jadwal untuk Kabupaten Cirebon. Kita belum tahu kapan pelaksanaannya. Kita masih terus lakukan koordinasi dengan Pemprov,\" ujar Dadang.

Menurutnya, bantuan tersebut memang harusnya disalurkan dari mulai April 2020. Namun karena ada hal-hal tertentu, sehingga pelaksanaan pendistribusiannya belum bisa dilaksanakan sekarang.

\"Kemungkinan yang kuota April ini dibagikan di bulan Mei 2020. Sehingga, ada kemungkinan bulan ini ada 2 kali pendistribusian, karena kuota yang April belum didistrubusikan dari provinsi,\" imbuhnya.

Selain bantuan sosial dari Pemprov Jabar yang tak kunjung turun, bantuan lainnya seperti dari pusat juga belum turun. Untuk bantun sosial dari Pemkab Cirebon, saat ini pun masih belum turun dan masih menunggu beberapa hal lainnya yang masih dalam tahap pemberkasan.

\"Kalau yang pusat masih kita lakukan pengajuan hingga Senin depan. Kalau yang dari Pemkab masih menunggu dari Bagian Hukum untuk dibuatkan peraturan sebagai dasar hukumnya. Kita sih pengennya segara agar bisa langsung didistribusikan,\" jelasnya.

2

Sementara itu, aktivis Cirebon, Rizky Pratama mendesak pemerintah untuk segera merampungkan validasi data dan pemberkasan lainnya yang diperlukan, agar segera selesai dan bantuan sosial segera bisa dicairkan. Dia khawatir, jika terus-terusan molor, maka yang paling terdampak adalah warga miskin yang justru saat ini sedang dalam posisi sangat kesulitan.

“Saya kira proses administrasinya ini yang makan waktu sangat lama. Harus ada perbaikan dari sisi ini. Gembar-gembor bantuan didistribusikan April saja tidak jadi. Dan sekarang sudah masuk Mei. Lalu yang April bagaimana? Padahal kan bantuan ini untuk warga miskin yang memang sangat membutuhkan,” ungkapnya. (dri)

Tags :
Kategori :

Terkait