Utang AS Rp375 Kuadriliun, Duh Nol-nya Ada Berapa

Kamis 07-05-2020,21:25 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - Utang Amerika Serikat kini melampaui Rp375 Kuadriliun. Kuadriliun adalah seribu triliun dengan jumlah nol 1.000.000.000.000.000. Akibatnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kini dijuluki King of Debt alias Raja Utang.

Di bawah kepemimpinannya pemerintah AS secara agresif melakikan pinjaman hingga utangnya menggunung dan memecahkan rekor. Melansir CNN, Kamis (7/5/2020), rasio utang terhadap PDB AS mencapai hampir 80% bahkan sebelum pandemi virus Corona melanda. Rasio itu dua kali lipat lebih tinggi dari rata-rata historis.

Sekarang, utang nasional AS meledak karena Washington dipaksa untuk menyelamatkan ekonomi AS dari guncangan terbesar yang pernah ada.

Departemen Keuangan AS mengatakan minggu ini akan meminjam sekitar US$ 3 triliun atau setara Rp 45 kuadriliun pada kuartal ini saja. Angka itu hampir enam kali lipat dari rekor utang AS sebelumnya pada 2008.

Secara komulatif, kini jumlahnya mencapai US$ 25 triliun atau setara Rp375 kuadraliun.

Kantor Anggaran Kongres memperkirakan defisit anggaran federal akan mencapai US$3,7 triliun tahun ini, naik dari US$1 triliun pada tahun 2019.

Kemungkinan juga masih akan ada stimulus yang diberikan pemerintah AS, sekitar US 2 triliun lagi akhir tahun ini. Stimulus itu untuk membantu pemerintah negara bagian dan lokal yang terpukul oleh krisis.

2

Semua itu akan menambah tinggi tumpukan utang AS yang sudah menggunung. Tetapi pihak AS percaya tidak ada pilihan lain untuk mencegah krisis lebih lanjut. (yud)

Tags :
Kategori :

Terkait