Tanpa PSBB dan Lockdown, Swedia Berhasil lewati Puncak Virus Corona

Jumat 08-05-2020,08:15 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - Keputusan Swedia untuk menghindari kebijakan lockdown pembatasan sosial, maupun penguncian ketat seperti negara-negara tetangganya di Eropa menarik perhatian global.

Menariknya, negara itu melewati puncak infeksi. Ada beberapa tindakan yang akan dia lakukan secara berbeda.

\"Saya tidak berpikir siapa pun yang benar-benar berpikir sebanyak itu tentang hal ini, benar-benar yakin tentang strategi apa pun, karena kita semua melakukan sesuatu yang tidak pernah dilakukan siapa pun sebelumnya,\" Anders Tegnell, Ahli Epidemiologi Swedia yang telah memimpin tanggap darurat corona virus, kepada CNBC.

\"Di sisi lain, sepertinya itu akan berhasil. Kami jelas melewati puncak di Stockholm dan perawatan kesehatan kami (sistem) telah dapat menanganinya, kami memiliki tempat tidur tambahan di rumah sakit dan semua orang telah dirawat yang perlu dirawat, bahkan pasien yang tidak Covid dapat dapatkan perawatan,\" imbuhnya.

Dia mengatakan, pengalaman Swedia menunjukkan sekolah tetap buka. Kegiatan masyarakat juga berjalan dengan baik.

Berbeda dengan tetangga Skandinavia di Norwegia, Denmark, dan Finlandia, Swedia bertindak seperti pandemi corona virus yang muncul di Eropa pada akhir Februari dan awal Maret (meskipun studi baru menunjukkan bahwa itu mungkin telah beredar di benua itu pada akhir 2019).

Sementara negara-negara di sekitarnya menutup perbatasan, sekolah, bar dan bisnis dan menerapkan langkah-langkah sosial yang ketat, sebaliknya, pemerintah Swedia - bertindak atas saran dari Badan Kesehatan Masyarakat dan Anders Tegnell, serta sekelompok ahli lainnya.

2

Hingga Kamis, Swedia telah mengkonfirmasi 23.918 kasus virus dan telah mencatat 2.941 kematian, dengan lebih dari setengah kematian terjadi di panti jompo. Swedia melakukan sekitar 30 ribu tes corona virus per minggu.

\"Tentu saja, ada penyesalan besar atas kematian yang kita alami tetapi kita tidak benar-benar mengerti bagaimana itu bisa dihindari. Kami tahu bahwa pengaturan (panti jompo) sangat rentan dalam situasi seperti ini dan kami tidak yakin bahwa melakukan sesuatu yang berbeda akan membuat perbedaan besar untuk itu, \"kata Tegnell.

Ditanya apakah Swedia akan mengikuti kebijakan yang sama dalam wabah di masa depan, dia menjawab \"sebagian besar, ya.\"

Kontroversi mengenai pendekatan yang lebih laissez-faire di negara itu terhadap virus telah berpusat di sekitar fakta bahwa membiarkan virus menyebar di antara populasi dapat memungkinkan \"kekebalan kawanan\" (walaupun penelitian masih dilakukan mengenai imunitas pasca infeksi), tetapi strategi seperti itu tidak menempatkan orang yang rentan dalam risiko.

Pemerintah Swedia menganjurkan bekerja dari rumah jika memungkinkan dan untuk menghindari perjalanan yang tidak penting. Sementara itu, restoran, bar dan kafe tetap buka tetapi hanya menawarkan layanan meja, dan pertemuan lebih dari 50 orang dilarang.

Namun sekolah untuk anak di bawah 16 tahun tetap buka. Singkatnya, kehidupan di Swedia telah berjalan seperti sebelumnya, tetapi dengan pembatasan yang lebih lunak.

Hanya saja, Swedi memiliki sistem perawatan kesehatan yang sangat mumpuni. Di Swedia, sistem perawatan kesehatan selalu dapat berkembang di depan kurva (peningkatan infeksi). (yud)

Tags :
Kategori :

Terkait