BLT Tidak Mampu Mencukupi Biaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Jumat 15-05-2020,08:15 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah sebesar Rp 600 ribu di tengah pandemi Covid-19 tidak cukup untuk biaya kebutuhan hidup masyarakat Indonesia.

Di beberapa provinsi, besaran BLT bahkan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan makan per individu per bulan.

Untuk warga di luar Jabodetabek, pemerintah pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi memberikan dana BLT senilai Rp 600 ribu per keluarga setiap bulannya selama 3 bulan.

Bujet untuk bantuan dialokasikan dari anggaran Dana Desa yang semula untuk pembangunan infrastruktur desa, untuk sementara dialihkan guna membantu masyarakat

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), total biaya kebutuhan hidup masyarakat Indonesia per kapita atau per kepala rata-rata Rp1,3 jutaan per bulan. Rinciannya, Rp620 ribuan untuk kebutuhan makanan dan sisanya, Rp729 ribuan untuk kebutuhan non-makanan.

Dari angka ini, Lifepal melihat bahwa BLT sebesar Rp600 ribu per bulan per keluarga yang diberikan oleh pemerintah, belum cukup untuk memenuhi keseluruhan biaya hidup masyarakat yang terdampak.

Bahkan, angka yang diberikan belum melebihi kebutuhan biaya makan per-individu setiap bulannya. Apalagi jika anggota keluarga lebih dari 1 orang, tentunya biaya yang dibutuhkan lebih besar lagi.

2

Padahal, saat ini sudah menginjak tahun 2020 yang artinya biaya hidup tentunya cenderung meningkat bila dibandingkan dengan tahun 2018 silam.

Jika dilihat per provinsi, BLT Rp600 ribu masih belum mampu memenuhi kebutuhan makan per orang di 20 provinsi.

DKI JAKARTA

Di DKI Jakarta, biaya makan untuk per bulan per orang sekitar Rp 847 ribuan, di Kepulauan Riau Rp 774 ribuan, di Bangka Belitung Rp 757 ribuan, di Papua Rp 749 ribuan, dan di Kalimantan Timur Rp 741 ribuan.

Jadi bisa disimpulkan, berdasarkan data biaya hidup per kapita dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018 lalu, BLT senilai Rp 600 ribu itu tidak cukup untuk memenuhi total biaya hidup bulanan di provinsi tersebut.

JAWA TENGAH

Bagi warga Jateng dan NTT BLT Rp 600 ribu cukup untuk kebutuhan makan per individu

Data BPS menunjukkan, ada pula provinsi-provinsi yang biaya hidup makan per bulan per orangnya masih di bawah nominal BLT Rp 600 ribu

Tags :
Kategori :

Terkait