Siswa SMAK Penabur Cirebon Juara YAC

Siswa SMAK Penabur Cirebon Juara YAC

CIREBON- Jerrell Zefanya Tanumihardja, kelas XII IPA 4 SMAK Penabur Cirebon berhasil mencatatkan namanya sebagai juara pada kompetisi Youth Accounting Challenge (YAC) XXI 2020. 

Jerrel menjuarai kompetisi tersebut setelah mengalahkan 80 siswa dari sejumlah regional di Jawa Barat. YAC merupakan salah satu bagian dari rangkaian acara Pekan Akuntansi Raya (Ansira) 2020 yang diselenggarakan oleh Himadiksi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Karena situasi pandemi, kompetisi tersebut digelar secara daring melalui aplikasi Zoom dan Google Classroom dengan sistem pengerjaan accounting cycle.

Kegiatan tersebut telah rutin diselenggarakan setiap tahun. Tujuanya adalah untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa-siswi SMA/SMK Sederajat dalam bidang ilmu ekonomi dan akuntansi.

Jerrel memulai kompetisi dari babak penyisihan regional Kuningan yang diikuti oleh 48 siswa. Dia lolos bersama dengan 8 siswa lainya untuk kemudian berkompetisi di babak semifinal dengan menempati peringkat kedua. “Pengalaman yang sudah saya dapatkan di lomba sebelumnya, tidak menjadikan saya patah semangat. Namun, berusaha lagi untuk mencapai juara,” demikian ucap Jerrel.

Dia menambahkan, salah satu kunci kemenanganya adalah percaya diri dan pantang menyerah. Usai dinyatakan lolos, dirinya mulai melakukan sejumlah persiapan. Diantaranya dengan berlatih mengerjakan soal soal latihan tahun sebelumnya yang ia dapatkan dari guru dan pembimbing.

Meskipun harus dilakukan dari rumah, namun hal tersebut tak menyurutkan niatnya. Justru hal itu membuatnya semakin terpacu untuk menorehkan prestasi.

Jerrel akhirnya berhasil lolos ke babak final bersama dengan finalis lain. Pada babak final siswa SMAK Penabur Cirebon tampak mendominasi. Terbukti, dari 16 finalis, 7 finaslis diantaranya berasal dari SMAK Penabur Cirebon.

Di babak final, para peserta diharuskan melakukan presentasi. Dimana saat itu ia berhasil mempresentasikan materi manajemen dengan baik dan percaya diri. Ia sukses dalam lomba cerdas cermat akuntansi. Menyisihkan 2 peserta, Yasinta Oktaviana dan Aurelius Nathanael Gunawan dari SMA Santa Angela Bandung yang masing masing menjadi juara 2 dan 3.

“Mungkin tidak selamanya kita bisa menjadi juara, tetapi teruslah berusaha dan berdoa karena ada saatnya kita diberikan kesempatan itu,” tutupnya. (awr/opl)

https://www.youtube.com/watch?v=uLXKYmyV_GY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: