Jajaran TNI Diminta Jaga Netralitas

Jajaran TNI Diminta Jaga Netralitas

Pesan Menko Polhukam ini sangat beralasan karena Pilkada serentak 2020 akan melibatkan 309 kabupaten dan kota untuk memilih 270 kepala daerah. “Kenapa melibatkan 309 kabupaten dan kota, karena provinsi yang menggelar pemilihan gubernur, juga akan ada kampanye di setiap kabupaten dan kota di wilayah itu,” katanya.

Dengan demikian, setiap harinya akan ada kampanye yang dilakukan oleh 715 pasangan calon (paslon) di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilhan Umum (Bawaslu) merilis, jumlah pelanggaran protokol kesehatan (prokes) pencegahan penyebaran Covid-19 periode 26 Oktober hingga 4 November penyelenggaraan kampanye, merupakan yang tertinggi dibandingkan 10 hari pertama hingga ketiga. Jumlah pelanggarannya mencapai 397 kegiatan yang melanggar.

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengatakan, pelanggaran tersebut ditemukan dari 16.574 kegiatan kampanye tatap muka atau pertemuan terbatas yang diselenggarakan pada periode 10 hari keempat kampanye.

“Dengan demikian, jumlah total pelanggaran protokol kesehatan pada 40 hari kampanye menjadi sebanyak 1.315 kasus,” kata Fritz.

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar kampanye tatap muka diselenggarakan dengan tertib dan patuh pada prokes. (jml/ded/fin/rls)

https://www.youtube.com/watch?v=uLXKYmyV_GY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: