FKIP Pendidikan Ekonomi UGJ Lakukan Pengabdian Masyarakat

FKIP Pendidikan Ekonomi UGJ Lakukan Pengabdian Masyarakat

CIREBON - Sebagai bukti nyata pengabdian terhadap masyarakat, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) melakukan rangkaian kegiatan pengabdian terhadap masyarakat.

Kegiatan kali ini digelar di Desa Karangkerta Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu.  Ketua Kegiatan Pengabdian Kepada masyarakat Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Aan Anisah SE MPd menuturkan sasaran pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemuda yang ada di wilayah Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu yang bersedia mengikuti pelatihan dan pendapingan kewirausahaan.

\"Ada beberapa materi yang kami berikan salah satunya yang saya sampaikan materi mengenai pemasaran berbasis android di era 4.0,\" ungkapnya.

Kabupaten Indramayu sendiri dipilih karena merupakan salah wilayah yang memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar. Salah satu potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Indramayu yaitu perikanan baik ikan air tawar maupun air laut.

Salah satu wilayah di Indramayu yang memiliki potensi ikan air tawar yaitu Kecamatan Tukdana. Pemanfaatan sumberdaya perikanan air tawar dapat meliputi pemanfaatan untuk konsumsi masyarakat, pengembangan ilmu pengetahuan maupun sebagai sumber penghasilan masyarakat sekitar.

Adapun tujuan dari kegiatan ini antara lain guna memberikan pelatihan kewirausahaan dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Kemudian memberikan pelatihan manajemen produksi dan pemasaran bagi pemuda dan memaksimalkan peran perguruan tinggi melalui pengabdian kepada masyarakat.

Sementara itu, Anggota Kegiatan Pengabdian Kepada masyarakat Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Enceng Yana SPd MPd mengungkapkan metode yang digunakan adalah pelatihan sekaligus pendampingan kewirausahaan.

Hasil dari kegiatan ini diharapkan para remaja mampu melakukan analisis potensi wilayah sekitar dan mampu menciptakan peluang atas potensi tersebut. Pengetahuan Remaja Tukdana tentang kewirausahaan meningkat dan adanya dorongan, menjadi wirausahawan dan terbentuknya kelompok wirausaha di kalangan remaja.

\"Saya juga turut memberikan materi mengenai pentingnya menjadi wirausaha dan kegiatan produksi kerupuk ikan air tawar, semoga bermanfaat,\" pungkasnya. (apr/opl)

https://www.youtube.com/watch?v=1lSyq0hJmps

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: