Bendungan Kuningan Direncanakan Mulai Beroperasi Pertengahan Tahun Ini

Bendungan Kuningan Direncanakan Mulai Beroperasi Pertengahan Tahun Ini

CIREBON - Proyek strategis nasional Bendungan Kuningan yang terletak di Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, direncanakan mulai dioperasikan pertengahan tahun ini.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWS Cimancis) Ismail Widadi, Sabtu (20/3).

\"Mudah-mudahan pertengahan tahun 2021 inilah Bendungan Kuningan sudah bisa diairi. Pembangunan infrastruktur fisiknya sudah selesai, namun yang belum itu genangannya,\" ungkapnya.

Dikatakan Ismail, tahap pembebasan lahan milik masyarakat yang akan diairi sudah mencapai 3 persen.

\"Masyarakat yang akan digenangi ini pembayaran sudah dilakukan, tinggal beberapa yang belum selesai. Ya sekarang sudah mencapai 3 persen. Kalau sudah selesai, masyarakat pindah ke lokasi lain, lalu area kami bersihkan, kemudian kami genangi. Target pertengahan tahun ini digenangi, tahun 2022 waduk ini sudah penuh air dan bisa dimanfaatkan,\" katanya.

Perlu diketahui, Pengerjaan Bendungan Kuningan dengan luas 284,45 hektare ini sudah dimulai sejak tahun 2015 lalu. Waduk Kuningan tersebut nantinya akan berfungsi untuk mengairi saluran irigasi untuk 3.000 hektare lahan pertanian di wilayah Kuningan seluas 1.000 hektare dan sisanya untuk Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Pembiayaan proyek bendungan tersebut merupakan hasil patungan dari Pemerintah Kabupaten Kuningan dan Brebes, Pemprov Jabar dan Jateng dan juga dari APBN dengan total anggaran mencapai Rp460 miliar. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: