Pidato Menlu Retno dalam Sidang PBB, Desak Kemerdekaan Palestina, Menggetarkan

Pidato Menlu Retno dalam Sidang PBB, Desak Kemerdekaan Palestina, Menggetarkan

NEW YORK – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi berpidato dalam Sidang Majelis Umum PBB di New York, Kamis (20/5) waktu setempat.

Dalam pidatonya itu, Menlu Retno mendesak PBB untuk memiliki langkah konkret dalam mengatasi konflik Palestina dan Israel.

Sidang tersebut dihadiri sejumlah menteri luar negeri dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

“Hari ini, saya hadir di sini untuk berjuang demi kemanusiaan. Hari ini, saya hadir di sini untuk berjuang bagi keadilan masyarakat Palestina,” ujar Retno, membuka pidatonya seperti dilansir RMOL.

Retno mengatakan, kekerasan yang terjadi di Palestina telah banyak memakan korban jiwa, termasuk anak-anak dan perempuan.

“Satu pertanyaan yang harus kita tanyakan pada diri kita sendiri. Yaitu, ‘Berapa lama lagi kita akan membiarkan kejahatan tersebut berlangsung?’,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, dunia memahami bahwa konflik yang terjadi bersifat asimetris.

Yaitu antara Israel sebagai negara penjajah dan penindas, dengan Palestina sebagai negara yang diduduki dan terus menerus ditindas.

“Masyarakat internasional berhutang kepada bangsa Palestina, sebuah kemerdekaan bangsa Palestina yang terus tertunda, untuk hidup berdampingan dan setara dengan kita semua,” sambungnya.

“Pendudukan dan agresi Israel yang terus berlangsung tidak hanya patut dikecam tetapi juga merupakan bentuk pelanggaran berat hukum internasional yang memerlukan aksi dari kita,” pungkasnya. (pojoksatu/RMOL)

Baca juga:

Mulai 1 Juni, Cek Saldo Kena Biaya Rp 2.500, Tarik Tunai Rp 5 Ribu di ATM Link

Nikita Mirzani Tidur Bareng Dimas Beck Tanpa Pakaian Dalam, Apa yang Terjadi?

Kronologi Pom Mini Kebakaran di Kasepuhan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: