Status Kota Cirebon di Zona Oranye, PPKM Turun ke Level 3?

Status Kota Cirebon di Zona Oranye, PPKM Turun ke Level 3?

CIREBON - Wilayah Provinsi Jawa Barat saat ini berada di level risiko covid 19 zona oranye. Apakah ini pertanda PPKM akan diturunkan ke level berapa?

Berdasarkan Peta Risiko Satgas Covid-19, saat ini di Jawa Barat tidak ada daerah dengan zona merah. Seluruhnya ada di level risiko sedang.

Kendati demikian, level risiko ini tidak serta merta menjadi indikator penentuan sebuah daerah masuk dalam level 3 atau 4.

Indikator lain yang digunakan adalah tingkat infeksi virus corona, keterisian rumah sakit, hingga angka kematian.

Tanda-tanda perbaikan kasus covid-19 di Kota Cirebon memang sudah terlibat. Dalam hampir sepekan terakhir, angka penambahannya cenderung sangat minim.

Data Satgas Covid-19 Kota Cirebon yang dirilis Minggu (22/8/2021), terjadi penambahan hanya 8 kasus positif.

Sementara pasien dalam perawatan maupun isolasi mandiri menyisakan 281 orang. Turun dari Sabtu (21/8/2021) yang masih 303 pasien.

Kondisi penambahan yang cenderung minim ini, juga terjadi pada Sabtu (21/8/2021). Di mana hanya ada 12 kasus baru.

Seperti diketahui di wilayah 3 Cirebon, hanya Kota Cirebon yang bertahan di level 4. Sementara di wilayah sekelilingnya menerapkan PPKM level 3.

Hari ini, Senin (23/8/2021) merupakan hari terakhir pemberlakuan PPKM Level 4, 3, 2. Namun belum diketahui terkait kebijakan lanjutan pemerintah.

Apakah PPKM Level 4, 3, 2, ini akan diperpanjang. Atau berhenti sampai di sini. Meski kasus covid-19 di Indonesia juga mulai menurun secara signifikan. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: