Pecahan Keramik hingga Tulang Manusia Ditemukan di Alun-alun Keraton Kasepuhan Cirebon

Pecahan Keramik hingga Tulang Manusia Ditemukan di Alun-alun Keraton Kasepuhan Cirebon

CIREBON – Pecahan keramik dan logam yang diduga benda-benda bersejarah hingga potongan tulang manusia ditemukan di Alun-alun Keraton Kasepuhan, Kota Cirebon.

Benda-benda bersejarah ini ditemukan oleh Rusmaya di tengah proses revitalisasi Alun-alun Keraton Kasepuhan yang saat ini tengah berlangsung.

Pria yang juga Wakil Panglima Laskar Agung Macan Ali Cirebon tersebut mengatakan, temuan pecahan keramik dan logam itu diawali rasa penasaran dirinya.

“Awalnya dari rasa penasaran menginat dulunya alun-alun ini merupakan tempat qisos, tempat hukuman, Alun-alun Sangkala Buana,” katanya kepada wartawan.

Saat proses penggalian areal Alun-alun dengan alat berat, Rusmaya berusaha menuntaskan rasa penasarannya. Dan benar saja. Ditemukan sejumlah benda bersejarah.

Bahkan ada juga tulang belulang yang diduga berasal dari bagian tubuh manusia. “Awalnya ada tulang. Diduga bagian dari tulang kering pada kaki manusia,” terang Rusmaya.

Sementara itu, Prabu Diaz, Panglima Tinggi Laskar Agung Macan Ali Cirebon mengatakan, pihaknya akan segera melaporkan temuan benda bersejarah ini kepada pihak-pihak yang lebih berwenang.

“Di Alun-alun Kasepuhan yang sekarang sedang direvitalisasi ini ditemukan barang-barang yang menurut kami, usianya sekitar 800 tahun,” tuturnya.

“Kami akan serahkan kepada pemerintah. Apa langkah-langkah pemerintah selanjutnya. Apakah akan dilakukan penggalian dan penelitian ataukah tidak, itu kami serahkan kepada pemerintah,” imbuh Prabu Diaz. (rdh)

Baca juga:

Status Kota Cirebon di Zona Oranye, PPKM Turun ke Level 3?

Fortuner Milik Polisi Lawan Arus dan Tabrak Lari di Tentara Pelajar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: