Malaysia Heran, Kasus Covid-19 di Indonesia Turun Cepat dengan PPKM

Malaysia Heran, Kasus Covid-19 di Indonesia Turun Cepat dengan PPKM

KUALA LUMPUR – Politisi Malaysia heran dengan kasus covid 19 di Indonesia yang turun drastis. Mereka membandingkan kesuksesan Indonesia dengan penanganan di negeri jiran itu.

Pemimpin DAP Lim Kit Siang menyampaikan kepada Menteri Kesehatan Malaysia, Khairy Jamaluddin bahwa vaksinasi saja tidak akan membantu menyelesaikan masalah Covid-19.

Anggota parlemen, Iskandar Puteri membandingkan kesuksesan Indonesia dalam mengurangi jumlah kasus hariannya.

Meskipun populasinya lebih besar, telah berhasil mengurangi tingkat infeksinya jauh lebih cepat daripada Malaysia.

Ekonomi terbesar ketiga di Asia Tenggara ini telah mencatat tingkat rata-rata lebih dari 20.000 kasus selama lebih dari empat minggu terakhir.

“Dapatkah menteri kesehatan yang baru Khairy Jamaluddin menjelaskan mengapa selama 16 hari berturut-turut, Indonesia telah menurunkan kasus baru Covid-19 hariannya menjadi kurang dari Malaysia  - bahkan kurang dari setengahnya seperti 8.955 kasus kemarin dengan 20.988 kasus Malaysia?” kata Lim.

“Ini bukan mencari-cari kesalahan tetapi mencari cara untuk meningkatkan penanganan kita terhadap pandemi Covid-19 sehingga berhasil melawannya,” tambah pemimpin DAP itu.

Malaysia saat ini adalah salah satu negara dengan kinerja terburuk di dunia dalam hal menganggapi Covid-19 tahun ini, sebut Lim.

Kasus baru negara per satu juta orang sekarang 572,43 dibandingkan dengan Indonesia 37,40, Filipina 126,95 dan Myanmar 61,27. Berdasarkan angka dari Our World in Data yang dimuat 1 September.

Malaysia juga menduduki puncak angka kematian Covid-19 di kawasan itu, dengan 8,48 per juta orang.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: