Cara Merawat Bayi yang Baru Lahir

Cara Merawat Bayi yang Baru Lahir

ANAK adalah anugerah berharga yang dikaruniai Sang pencipta kepada manusia. Banyak pasangan baru kebingungan saat baru menjadi ayah dan ibu baru, terutama dalam merawat bayinya yang baru lahir. Untuk menghindarinya, mari kita bahas bersama apa yang perlu diketahui mengenai perawatan bayi baru lahir.

Pertama yang paling penting dari seluruh rangkaian perawatan bayi baru lahir adalah menciptakn ikatan batin yang kuat terlebih dahulu dengan bayi. Kedekatan fisik yang tercipta dengan adanya sentuhan kulit antara bayi dan ibunya dapat meningkatkan hubungan emosional antara keduanya dan berefek pada perkembangan dan pertumbuhan fisik bayi.

Hal kedua yang perlu mendapat perhatian ekstra adalah higienitas area kemaluan bayi. Gantilah popok bayi secara rutin setiap 2 sampai 3 jam untuk menghindari terjadi ruam popok. Bersihkan dengan lembut bagian selangkangan dan kemaluan bayi dengan menggunakan bola-bola kapas basah atau tissue basah. Pastikan popok terganti secara rutin baik sudah terisi penuh maupun tidak. Perhatikan juga suhu ruangan kamar saat sedang mengganti popok bayi agar bayi tidak kedinginan. Saat menyeka pantat dan bagian bokong bayi, arahkan usapannya dari depan ke arah dubur.

Hal terpenting lainnya dalam perawatan bayi baru lahir adalah tentang menyusui. Menyusui bagi bayi adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu. Berilah ASI minimal 6 bulan hingga 2 tahun. Pelajari benar cara menyusui yang baik agar tidak menimbulkan luka di payudara ibu dan bayi merasa puas menyusu. Bayi baru lahir biasanya menyusu 8 hingga 12 kali dalam sehari. Beberapa bayi bahkan mungkin perlu dibangunkan setiap bberapa jam untuk memastikan mereka mendapatkan cukup makanan. Menyusui secara teratur sangat bermanfaat bagi Kesehatan baik bayi maupun ibunya.

Memandikan bayi baru lahir juga merupakan bagian tak terpisahkan dari perawatan bayi baru lahir. Bayi baru lahir memang harus dimandikan, walaupun frekuensinya pada awal minggu kehidupannya cukup sekitar tiga sampai empat kali. Selalu pastikan mencuci tangan dengan sabun sebelum memegang bayi. Siapkan segala sesuatunya terlebih dahulu sebelum bayi dimandikan seperti pakaian bayi, kosmetiknya dan yang terpenting adalah cek suhu airnya. Cara memandikannya pun harus gentle dan berhati-hati dengan bagian leher dan kepala bayi terutama saat mengangkat atau membalikkan badannya. Untuk bagian perut dengan tali pusar yang belum lepas, pastikan dialiri air dan segera keringkan saat selesai mandi.

Perawatan kulit bayi setelah mandi juga tak kalah penting, pastikan bahan handuknya lembut agar tidak menggores kulitnya. Gunakan minyak telon dan lotion yang konsisten dan hipoalergenik agar aman untuk kulit bayi. Pada dasarnya perawatan bayi baru lahir itu pasti bisa dilakukan oleh setiap ibu, asal dilakukan dengan hati-hati dan penuh kasih sayang. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: