Ditemukan Bom 35 Kg di Gunung Ciremai, Mau Diledakan saat Jokowi ke Cirebon

Ditemukan Bom 35 Kg di Gunung Ciremai, Mau Diledakan saat Jokowi ke Cirebon

MAJALENGKA – Bom seberat 35 kilogram (kg) ditemukan di Gunung Ciremai. Tadinya, bahan peledak itu akan diledakan saat Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) kunjungan ke Kota Cirebon.

Tepatnya, pada 18, September 2017. Ketika itu, Presiden hendak menghadiri penutupan Festival Keraton Nusantara (FKN) di Goa Sunyaragi.

Bahan peledak tersebut milik IM yang merupakan narapidana kasus terorisme. Dia ditangkap di sekitar Bandara Cakrahuwana, Penggung, Kota Cirebon.

IM sendiri, saat ini mendekam di Lapas Sentul, Jawa Barat (Jabar). Pria asal Desa Burujul Wetan, Kecamatan Jatiwangi itu, telah mengikuti deradikalisasi dari Densus 88.

IM juga mengikuti kegiatan pembinaan berkelanjutan dari Tim Idensos Densus 88. Kemudian dia telah berikrar mengakui kedaulatan NKRI dan setia kepada Pancasila.

Yang bersangkutan kemudian mengaku masih menyimpan bahan peledak sebanyak 35 kilogram. Sebagian bahan peledak itu telah dilakukan pemusnahan.

Sementara sisa TATP diamankan untuk barang bukti sekitar 3/4 botol air mineral ukuran 1,5 liter, yang disimpan oleh tim Jibom Satbrimobda Jabar untuk dilakukan penelitian.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: