Covid-19 Melandai, KH Mustofa Aqiel: Bukan Hanya Peran Pemerintah, Lihat Singapura Melonjak Lagi

Covid-19 Melandai, KH Mustofa Aqiel: Bukan Hanya Peran Pemerintah, Lihat Singapura Melonjak Lagi

CIREBON - Pandemi covid 19 yang sudah melandai di Indonesia, bukan hanya karena peran pemerintah saja. Hal itu, diungkapkan Pengasuh Pondok Pesantren Khas Kempek, KH Mustofa Aqiel Siradj.

KH Mustofa Aqiel mengungkapkan hal ini, ketika ditanya wartawan terkait pelaksanaan Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) pada akhir 2021 di Lampung.

Semula, Muktamar NU direncanakan pada tahun 2020, namun terpaksa ditunda karena pandemi covid-19 ketika itu belum benar-benar terkendali.

\"Landainya pandemi harus diakui bukan hanya pemerintah saja, iya peran pemerintah, usaha pemerintah harus diakui,\" kata KH Mustofa Aqiel, yang ditemui di sela Kirab Merah Putih di Balaikota Cirebon.

\"Iya diakui sekali usaha pemerintah, namun kalau usaha pemerintah saja tidak akan mungkin,\" tandas dia.

Kemudian, dia memberi contoh negara-negara lain yang kasus covid-19 sedang mengalami lonjakan. Padahal pemerintah di sana sangat berperan dan masyarakatnya dikenal disiplin.

\"Contohnya Singapura kurang apa? orangnya lebih sedikit, lebih disiplin, tapi corona naik. Malaysia, Israel kurang apa, corona juga naik,\" ungkapnya.

\"Indonesia rakyatnya lebih tidak disiplin, disuruh tidak berkerumun malah tahlil. Tapi alhamdulillah ada doa-doa ulama, kiai juga, kasus covid sekarang kan melandai,\" tuturnya. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: