Kemenag Catat 16 Madrasah Lolos Semifinal KESN 2021

Kemenag Catat 16 Madrasah Lolos Semifinal KESN 2021

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) mencatat, sebanyak 16 madrasah masuk semifinal Kompetisi Ekonomi Syariah Nasional (KESN) 2021. Adapun tahap semifinal KESN akan berlangsung pada 12 Oktober 2021 secara daring. KESN 2021 diselenggarakan sebagai rangkaian Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-8. Peserta yang masuk babak semifinal diumumkan melalui laman resmi website KESN pada Sabtu, 9 Oktober 2021.

KESN 2021 diikuti 589 peserta perwakilan dari SMA/MA/sederajat. Pada tahap penyisihan yang berlangsung pada 6 Oktober, peserta terbagi dalam 3 regional, yaitu Sumatra, Jawa-Bali, dan Kawasan Indonesia Timur. Setiap regional, terpilih 20 semifinalis.

Untuk regional Sumatra, ada enam madrasah yang masuk semifinal, yaitu: Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Jambi, MAN IC Kota Batam,  MAN Batam, MAN IC Lampung (2 siswa), MAN 2 Jambi, dan MAN IC Bangka Tengah.

Ada empat wakil madrasah yang menjadi semifinalis regional Jawa-Bali, yaitu: MAN 2 Kudus, MA Assakinah, MAN 2 Kebumen, dan MAN 1 Tasikmalaya.

Sementara untuk kawasan Indonesia Timur, ada enam madrasah di babak semifinal, yaitu: MAN IC Gorontalo, MA Arifah Gowa, MAN IC Lombok Timur, MA Pesantren IMMIM Makassar, MAN IC Tanah Laut, dan MAN IC Gowa.

Kepala MAN IC Tanah Laut, Hilal Najmi bersyukur banyak siswa madrasah, termasuk lembaga yang dia pimpin, yang masuk semifinal kompetisi ini. Ia berharap bisa meraih juara dan mengharumkan nama Kementerian Agama (Kemenag).

“Kompetisi seperti ini akan membentuk talenta tangguh di tengah pandemi. Ini menegaskan bahwa pandemi tidak mampu memadamkan semangat kita semua untuk berekspresi menunjukkan semangat meraih prestasi,” kata Hilal mengutip keterangan resmi Kemenag, Senin (11/10/2021).

Dapat diketahui, Kompetisi Ekonomi Syariah Nasional (KESN) 2021. Ajang ini digelar Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia bekerja sama dengan Asosiasi Guru Ekonomi Indonesia (AGEI). (fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: