Diproyeksi pada 2025, Ekonomi Digital Indonesia Capai Rp1.700 Triliun

Diproyeksi pada 2025, Ekonomi Digital Indonesia Capai Rp1.700 Triliun

MENTERI Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut, potensi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia diproyeksi mencapai USD124 juta atau setara Rp1.700 triliun pada 2025.

“Ekonomi digital Indonesia berpotensi senilai USD124 juta atau kurang lebih Rp1.700 triliun pada 2025,” kata Teten, Senin (15/11/2021).

Menurut Teten, potensi besar itu menyusul kian adopsinya teknologi digital oleh pelaku UMKM domestik di era Revolusi lndustri 4.0 yang menuntut seluruh kegiatan ekonomi bergeser dari konvensional menjadi lebih modern. Selain itu, pandemi Covid-19 juga turut mengakselerasi pergeseran tersebut.

“Dimana kegiatan usaha dan ekonomi berubah dari yang semula offline menjadi online, dan penggunaan teknologi digital yang lebih masif,” ujarnya.

Teten mencatat, hingga hari ini setidaknya 25,6 persen UMKM hadir pada ekosistem digital atau sekitar 16,4 juta pelaku usaha. Dan ada 245 koperasi telah mengadopsi teknologi digital dalam kegiatan operasionalnya.

“Namun demikian, itu jelas tidak cukup hanya mengakselerasi hadirnya koperasi dan UMKM di platform digital,” imbuhnya.

Untuk itu, Teten menggarisbawahi beberapa poin yang harus dioptimalkan. Yaitu, akselerasi transformasi digital koperasi dan UMKM, konsolidasi roadmap yang implementatif yang menjadi panduan bersama kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan seluruh stakeholder.

“Selain itu, pemetaan potensi dan tantangan dari setiap stakeholder dalam upaya percepatan transformasi digital, identifikasi target kelompok transformasi digital, hingga pembagian peran dari berbagai stakeholder dalam pelaksanaan roadmap transformasi digital koperasi dan UMKM,” pungkasnya. (fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: