Wabup Wahyu Tjiptaningsih Beri Aspresiasi Tradisi Adat Pasang Panjeran: Harus Dipertahankan

Wabup Wahyu Tjiptaningsih Beri Aspresiasi Tradisi Adat Pasang Panjeran: Harus Dipertahankan

CIREBON - Wakil Bupati (Wabup) Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningsih memberikan apresiasi terhadap tradisi adat pasang panjeran yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Kalideres Kecamatan Kaliwedi.

Menurut Wabup Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningsih, acara tersebut merupakan hajatnya masyarakat petani sebagai tradisi di sektor budaya dalam pertanian.

\"Tradisi ini harus dipertahankan. Ini budaya yang sudah turun temurun dan sudah menjadi tradisi di Kabupaten Cirebon,\" kata Wabup Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningsih, Jumat (18/2/2022).

Baca juga: Agar Tepat Sasaran, Wabup Ayu: Penanganan Kemiskinan Harus Satu Persepsi

Dia juga menilai, tradisi ini juga dapat diartikan sebagai simbol rasa syukur kedapa sang pencipta atas selesainya musim tanam.

\"Bisa dikatakan juga ini sebagai tolak bala. Kan sudah menjadi tradisi budaya masyarakat. Maknanya adalah, pelaksanaan tradisi ini kaya dengan nilai-nilai kemanusiaan yang bersifat  universal,\" ungkap Wabup.

Menurutnya, tradisi adat pasang panjeran mempunyai nilai-nilai kearifan lokal yang menarik untuk dipelajari.

Nilai yang bisa diambil adalah, persatuan antara rakyat dengan pemimpinnya serta nilai gotong royong. Maknanya yaitu, rata sama rasa dan religius. Ini terungkap dalam simbol dari upacara-upacara yang disajikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: