Dapat Predikat KLA, Sekda: Kota Cirebon Harus Mampu Penuhi dan Lindungi Hak Anak

Dapat Predikat KLA, Sekda: Kota Cirebon Harus Mampu Penuhi dan Lindungi Hak Anak

Radarcirebon.com - Bagian penting dari Kota Layak Anak (KLA) yaitu memenuhi hak dan perlindungan terhadap anak.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Drs H Agus Mulyadi usai membuka Rapat Koordinasi Gugus Tugas KLA di lobby lantai 3 Gedung Setda, Kamis 24 Maret 2022.

\"Kota Cirebon sudah mendapatkan penghargaan dan pengakuan sebagai KLA. Namun perlu kita pahami bahwa predikat KLA bukan merupakan apresiasi dan pengakuan semata.\"

Baca juga: Pemkot Cirebon Butuh Dukungan Semua Pihak Wujudkan Kota Layak Anak

\"Namun, ada yang lebih penting yaitu bagaimana Kota Cirebon mampu memenuhi hak anak dan memberikan perlindungan khusus untuk anak.\"

\"Termasuk mampu mengubah perilaku sosial yang didasari oleh semangat pengarusutamaan hak anak (PUHA), hingga akhirnya menjadi budaya yang melekat dalam kehidupan masyarakat,\" ungkapnya.

Menurut Sekda, situasi pandemi Covid-19 juga berdampak pada menurunnya performa penyelenggaraan kegiatan pengembangan KLA.

“Namun, alhamdulillah kita memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan pandemi ini. Sehingga Pemkot Cirebon optimis bahwa pada 2022 ini Kota Cirebon bisa mendapatkan kenaikan kategori penghargaan untuk KLA,\" ujarnya.

Untuk dapat menaikkan kategori penghargaan KLA, Agus menjelaskan, diperlukan upaya bersama-sama seluruh komponen yang tergabung dalam gugus tugas KLA.

\"Kami menyambut baik rakor gugus tugas KLA yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Cirebon,\" jelasnya.

Baca juga: Cegah Penyebaran Omicron, Sekda Kota Cirebon: Tunda Dulu Pergi ke Luar Daerah

Selain itu, rakor ini merupakan evaluasi mandiri terhadap pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak di Kota Cirebon.

\"Semoga rapat koordinasi ini mampu menghasilkan kesepakatan program dan komitmen KLA baik secara administrasi maupun implementasinya,” jelasnya.

Sebelumnya, Juli 2018 lalu Kota Cirebon meraih penghargaan KLA kategori madya. Penghargaan tersebut kembali dipertahankan dan bahkan ditargetkan meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: