Banjir Rob di Cirebon, BMKG Jelaskan Penyebabnya, Salah Satunya Jarak Terdekat Bumi ke Bulan

Banjir Rob di Cirebon, BMKG Jelaskan Penyebabnya, Salah Satunya Jarak Terdekat Bumi ke Bulan

CIREBON - Banjir rob di Cirebon terjadi sejak beberapa hari terakhir baik di wilayah pesisir Kota dan Kabupaten Cirebon. Air laut naik menjelang sore hari.

Ketua RT 06 RW 07 Kesunean Utara, Kota Cirebon, Ijah mengatakan, banjir rob tahun ini adalah yang paling parah. Sebanyak 8 RT di Kesunean Utara terendam banjir dengan ketinggian 30-40 centimeter.

\"Biasanya air banjir rob tidak setinggi ini. Tapi sudah berapa hari ini, air selalu naik masuk rumah di Kesunean,\" kata Ijah, kepada Radar Cirebon.

Menurut dia, wilayah yang terdampak banjir rob adalah RW 08 Kesunean Selatan dan RW 09 Kesunean Tengah. Menjelang sore hari, air biasanya naik di pesisir Kota Cirebon.

Baca juga:

Ijah mengungkapkan, masuknya air laut ke permukiman dikarenakan tidak adanya pintu air. Lantaran beberapa hari terus terendam banjir, yang dikhawatirkan saat ini adalah warga terserang penyakit kulit.

Sementara itu, BMKG menjelaskan, fenomena rob dikarenakan fase bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi).

Kondisi ini, berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan.

Berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: