Optimalisasi Litbang Untuk Perencanaan Kota

Optimalisasi Litbang Untuk Perencanaan Kota

ACUAN: Tim kelitbangan menyampaikan hasil kajian analisis situasi stunting di Kota Cirebon. Dalam forum itu, hasil tersebut didiskusikan untuk mencari kebijakan terbaik. --

Radarcirebon.id, CIREBON - Disamping melakukan perencanaan daerah, penelitian-pengembangan (Litbang) menjadi fokus utama yang perlu optimalisasi peran dan fungsi.

Karena itu, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Cirebon, akan terus meningkatkan tugas utama tersebut.

Kepala Bappelitbangda Kota Cirebon Drs Agus Herdhyana MSi mengatakan, konsep ideal, peran Litbang ada sebelum perencanaan. Karena Litbang bersifat epistemologi dan empiris, dalam mendapatkan informasi, data, serta pembuktian terhadap permasalahan. “Idealnya, rekomendasi Litbang menjadi salah satu acuan perencanaan,” ucapnya.

Litbang terdiri dari utama dan pendukung. Untuk Litbang utama, lanjut Agus Herdhyana, meliputi penelitian, pengkajian, pengembangan, perekayasaan, penerapan, pengoperasian, hingga evaluasi kebijakan. Sedangkan Litbang pendukung, mencakup aspek kelembagaan, ketatalaksanaan, SDM, dan sarana prasarana.

Selama ini, peran Litbang belum optimal dalam rangkaian pelaksanaan program pembangunan daerah. Sejak tahun 2017, baru ada 35 kajian kelitbangan.

Agus Herdhyana berharap, peran strategis Litbang menjadi acuan perencanaan pembangunan daerah. “Kami berharap, Perangkat Daerah Kota Cirebon memanfaatkan kelitbangan. Termasuk pula, mempertimbangkan rekomendasi kebijakan berdasarkan hasil Litbang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: