Pameran Tosan Aji di Keraton Kacirebonan, Pusaka Keluarga Ikut Dikeluarkan

Pameran Tosan Aji di Keraton Kacirebonan, Pusaka Keluarga Ikut Dikeluarkan

Sultan Kacirebonan IX Pangeran Raja Abdulgani Nata Diningrat meninjau pameran tosan aji atau benda pusaka di Keraton Kacirebonan. -Dedi Haryadi-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Ratusan benda pusaka berupa keris, kujang, pedang, rencong, tombak, dan batu akik dipamerkan dalam Pameran Tosan Aji dalam Festival Seni dan Budaya Cirebon DI Keraton Kacirebonan.

Pameran Tosan Aji yang digelar selama empat hari mulai Kamis sampai dengan Minggu (4-7/8/2022) berlangsung di Keraton Kacirebonan.

Benda-benda pusaka koleksi anggota keluarga keraton di Cirebon, serta Paguyuban Pelestari Tosan Aji Nusantara itu menarik minat para pengunjung.

Benda-benda pusaka itu berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan daerah lainnya. Pameran tersebut dibuka langsung Sultan Kacirebonan IX Pangeran Raja Abdulgani Nata Diningrat sekaligus meninjau benda-benda pusaka yang dipamerkan.

BACA JUGA:DPC Partai Demokrat Kota Cirebon Serahkan SK Kepengurusan ke KPU

BACA JUGA:Pernyataan Lengkap Irjen Ferdy Sambo tanpa Sensor, Singgung Perlakuan Brigadir Joshua kepada Istrinya

Sultan Kacirebonan IX Pangeran Raja Abdulgani Nata Diningrat kepada radarcirebon.com mengatakan, pameran Tosan Aji ini masih dalam rangkaian milad ke-214 Keraton Kacirebonan dan Hari Jadi ke-653 Kota Cirebon.

"Tosan Aji merupakan kekayaan warisan budaya bangsa Indonesia yang sungguh luar biasa. Berbagai benda pusaka dari berbagai daerah dipamerkan di Keraton Kacirebonan ini.”

“Dengan pameran Tosan Aji diharapkan masyarakat khususnya generasi milenial dapat  melihat dan mengetahui benda-benda pusaka Nusantara," katanya di sela-sela meninjau pemeran.

Sementara itu, Lingga Nugraha selaku Ketua Panitia sekaligus kolektor benda pusaka menjelaskan,  Tosan Aji adalah senjata pusaka tradisional.

BACA JUGA:6 Pernyataan Terbaru Ferdy Sambo, Belasungkawa untuk Brigadir J, Singgung Perlakuan kepada Istri

BACA JUGA:3 Atlet Bulu Tangkis Indonesia Paling Sukses di Kejuaraan Dunia, 2 Orang Masih Aktif

Istilah ini merujuk pada segala macam senjata tradisional yang terbuat dari besi dan dianggap sebagai Pusaka.

"Secara umum Tosan Aji diciptakan tidak hanya sebagai senjata, tapi juga sebagai sifat bagi pemiliknya, yaitu sesuatu yang dapat membangkitkan keberanian, keyakinan bagi pemilik tosan aji tersebut," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: