Poto Prabu Siliwangi Ada di Museum Belanda, Seperti Ini Wajah Aslinya?

Poto Prabu Siliwangi Ada di Museum Belanda, Seperti Ini Wajah Aslinya?

Poto arca Prabu Siliwangi yang ditemukan di Kerajaan Talagamanggung, Kabupaten Majalengka. File dan cetak foto tersebut kini berada di Museum Vulkenkunde, Belanda. -Isidore van Kinsbergen-radarcirebon.com

Sumber sejarah juga mencatat Kerajaan Talaga satu masa dengan Sunan Gunung Jati yang memimpin Kesultanan Cirebon.

Bahkan, Kerajaan talaga ditaklukan Kesultanan Cirebon pada tahun 1528. Raja Talaga lantas menerima syiar Islam.

Kembali ke patung Prabu Siliwangi yang terdokumentasi dalam sebuah foto, keberadaannya memang hingga kini menjadi pertanyaan.

Padahal, patung tersebut merupakan peninggalan penting bagi Kerajaan Talaga Manggung juga penggambaran sosok Sri Baduga Maharaja.

BACA JUGA:Qorib dukung Furqon Maju Pilwakot Cirebon 2024

Pasalnya, Sri Baduga Maharaja adalah sosok raja yang mampu membawa Kerajaan Sunda atau Pajajaran menuju masa keemasannya.

Bahkan di Pajajaran atau Bogor, sang anak, yakni Prabu Surawisesa membangunkan sebuah monumen yang disebut sebagai Batu Tulis. Situs ini dibangun untuk memperingati ayahnya.

Hingga kini, masih menjadi bahan pertanyaan besar. Di mana sebenarnya patung Prabu Siliwangi dari Talaga tersebut disimpan?

Semoga saja, segera dapat ditemukan dan menjadi peninggalan penting bagi sejarah dan kebudayaan. Sedangkan poto dari arca Prabu Siliwangi tersebut menjadi bukti penting terkait keberadaannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: