Poto Prabu Siliwangi Ada di Museum Belanda, Seperti Ini Wajah Aslinya?

Poto Prabu Siliwangi Ada di Museum Belanda, Seperti Ini Wajah Aslinya?

Poto arca Prabu Siliwangi yang ditemukan di Kerajaan Talagamanggung, Kabupaten Majalengka. File dan cetak foto tersebut kini berada di Museum Vulkenkunde, Belanda. -Isidore van Kinsbergen-radarcirebon.com

Tertulis juga keterangan bahwa yang membuat adalah kerajaan Talaga Manggung. Patung Prabu Siliwangi tersebut didokumentasikan dalam bentuk foto monokrom.

“Difoto untuk ilmu pengetahuan; orang-orang eksotis antara tahun 1860 dan 1920,” demikian keterangan dalam situs tersebut.

BACA JUGA:Novelis Salman Rushdie Ditikam Saat Berikan Kuliah di Chautauqua Institution New York

BACA JUGA:Ciptakan UMKM Tangguh, Pemerintah Dukung Teknologi Digital

Foto tersebut merupakan bagian dari Koleksi Inti Fotografi Museum Etnologi. Namun, tidak diketahui keberadaan patung tersebut.

Adapun fotografer yang mendokumentasikan patung tersebut adalah Isidore van Kinsbergen.

Museum tersebut hanya menyimpan foto dokumentasi dari patung yang dimaksud. Tetapi tidak diketahui di mana keberadaan patung aslinya. Apakah masih berada di Indonesia tau tempat lain.

Tentunya, patung Prabu Siliwangi tersebut seharusnya menjadi benda berharga, karena bagian dari peninggalan sosok raja Kerajaan Sunda yang beribukota di Pakuan Pajajaran.

BACA JUGA:Mabes Polri Tahan 4 Pamennya, Begini Tanggapan Polda Metro Jaya

Di Kabupaten Majalengka memang dikenal dengan sebuah kerajaan, yakni Talaga Manggung yang tercatat di Naskah Carita Parahyangan.

Disebutkan bahwa Talaga Manggung adalah bagian dari Kerajaan Pajajaran. Saat ini, lokasinya masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka.

Penamaan Talaga tersebut, diduga karena pada zaman dahulu kerajaan ini memiliki sebuah danau. Diyakini, hal ini terkait dengan Situ Sangiang.

Diyakini pula bahwa di sekitar Situ Sangiang, dulunya berdiri keraton Kerajaan Talaga manggung.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Resmikan Wajah Baru Situ Ciburuy

BACA JUGA:Kebaya Goes to Unesco, Forum Bisnis Cirebon Inisiasi Catwalk Ala Citayam Fashion Week

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: