Mengintegrasi IPA Berbasis Inkuiri dengan TIK, Kerjasama UPI Bandung dan SMPN 1 Kota Cirebon

Mengintegrasi IPA Berbasis Inkuiri dengan TIK, Kerjasama UPI Bandung dan SMPN 1 Kota Cirebon

Pengabdian kepada masyarakat dengan tema: Penggunaan Web Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Melangsungkan Pembelajaran Inkuiri.-ADE GUSTIANA-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON – Program Studi (Prodi) Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat (PkM) dengan tema: Penggunaan Web Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Melangsungkan Pembelajaran Inkuiri.

Tema tersebut bertujuan untuk melatih pembelajaran IPA berbasis inkuiri yang mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penggunaan TIK –salah satunya- juga dapat mengatasi kendala pembelajaran berbasis inkuiri ini.

Ketua PkM, Dr Diana Rochintaniawati MEd mengatakan pengembangan keterampilan berpikir dan pemecahan masalah melalui Ilmu Pengetahuan Alam salah satunya dapat dicapai melalui pembelajaran berbasis inkuiri, yakni suatu model pembelajaran di mana siswa dibimbing untuk bertanya dan menemukan konsep IPA melalui belajar secara aktif.

Dr Diana menjelaskan beberapa tahap dalam inkuiri yaitu: merumuskan masalah, membuat hipotesis, merancang percobaan, melakukan percobaan, mengumpulkan data, menganalisis data dan mengkomunikasikan data hasil percobaan.

BACA JUGA:Peforma Penjualan Retail Mitsubishi Motors Positif di Juli 2022

Program ini didanai hibah pengabdian kepada masyarakat dari UPI Bandung. Dr Diana sebagai ketua didampingi Dr Rika Rafikah Agustin MPd, Dr Riandi MSi dan Prof Dr Ari Widodo MEd.

Panitia dalam kegiatan ini terdiri dari mahasiswa S1, S2 dan S3 Prodi Pendidikan IPA dan Pendidikan Biologi UPI Bandung.

Program pengabdian ini merupakan lanjutan dari serangkaian tahapan kegiatan yang meliputi pembekalan secara daring dan diikuti 47 guru IPA dari seluruh wilayah Indonesia.

Salah satu rangkaian kegiatan pengabdian tersebut yaitu pelaksanaan open lesson di SMPN 1 Kota Cirebon pada Sabtu (12/08). Maya Asih Rohaeni MPd sebagai guru IPA pada open lesson mensimulasikan pembelajaran IPA inkuiri berbasis web pada topik zat aditif pada makanan.

BACA JUGA:Daihatsu Ayla BEV, Harga Bikin Penasaran, Mejeng di GIIAS

Kegiatan yang dipandu Dr Diana dan tim dari UPI Bandung tersebut dihadiri Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Cirebon Lilik Agus Darmawan SPd MM, Ketua MGMP IPA Ade Kurniawati SPd, Koordinator Pengawas Pembina Drs TA Komarudin MPd, Pengawas IPA N Yuyun Rohayani SPd MM dan Hendri Gunawan SPd MA serta Pengawas Pembina SMPN 1 Kota Cirebon Drs Tusman MPd.

“Pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran IPA di Indonesia,” pungkas Dr Diana.

BACA JUGA:Ibu Mariana Mencuri Coklat dan Sampo, Anak Hotman Paris Minta Kuasa Hukum Minta Maaf ke Pegawai Alfamart

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: