Nasi Jimat Keraton Kanoman Cirebon, Gabah Dikupas Satu per Satu Sambil Baca Salawat

Nasi Jimat Keraton Kanoman Cirebon, Gabah Dikupas Satu per Satu Sambil Baca Salawat

Nasi Jimat di Keraton Kanoman Cirebon saat pelal ageng panjang jimat.-Disbudpar-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Nasi Jimat saat Pelal Ageng Panjang Jimat di Keraton Kanoman Cirebon kerap kali diperebutkan warga yang hadir di prosesi tersebut.

Nasi jimat di Pelal Ageng Panjang Jimat Keraton Kanoman Cirebon adalah sebutan untuk hidangan yang saat proses memasak, gabah dikupas satu per satu.

Tidak dikupas, gabah untuk nasi jimat yang dikupas satu per satu tersebut dilakukan sambil membaca salawat kepada Nabi Muhammad SAW dan akan disajikan saat pelal ageng panjang jimat di Keraton Kanoman Cirebon.

Yang melakukan pengupasan gabah juga bukan sembarang orang, tetapi sudah ada petugasnya yakni Bapak Sindangkasih, dari Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:Panjang Jimat Keraton Kasepuhan Cirebon, Sultan Sepuh Tidak Hadir karena Berhalangan

BACA JUGA:CCC Gowes Bareng To Oemah Carkonah, Cirebon-Pekalongan

Setelah gabah dikupas satu per satu sambil membaca salawat dan menjadi beras, kemudian disucikan atau dipesusi di Sumur Bandung.

Prosesi penyucian ini, juga dilakukan dengan iringan salawat kepada Nabi Muhammad SAW yang dibacakan oleh rombongan ibu-ibu yang suci dan menjaga wudhu.

Salah satunya adalah Perawan Sunti. Karena itu, nasi yang prosesnya selalu dibacakan salawat inilah yang disebut dengan nasi jimat dan disajikan saat pelal ageng panjang jimat Keraton Kanoman Cirebon.

Jimat yang dimaksud bukan barang-barang bertuah, tetapi jimat di sini bermakna salawat kepada Rasulullah SAW. Sebab, salawat inilah yang menjadi sebab syafaat umat manusia ketika di hari pembalasan.

BACA JUGA:Iqbal Gwijangge Dipastikan Tidak Main Saat Lawan Malaysia, Siapakah Penggantinya?

BACA JUGA:Sakit Hati, BD Habisi Nyawa Majikannya Saat Sedang Tidur

Juru Bicara Keraton Kanoman Cirebon, Ratu Raja Arimbi Nurtina menjelaskan, panjang jimat adalah iring-iringan nasi jimat yang diletakan di atas piring panjang saat pelal ageng.

Sehingga malam pelal ageng juga disebut Panjang Jimat. Yakni malam bersejarah dalam penciptaan manusia juga alam semesta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: